Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/205
Title: PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PERKUMPULAN AMAL BAKTI 2 SAMPALI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Authors: JAINUDDIN
Keywords: pembelajaran Think Pair Share
Issue Date: 9-Oct-2019
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 7115020013;7115020013
Abstract: ABSTRAK Nama : Jainuddin, NPM: 7115020013, Judul PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PERKUMPULAN AMAL BAKTI 2 SAMPALI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018-2019. Sebagaimana pengamatan sementara penulis di lapangan bahwa keaktifan belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Persatuan Amal Bakti 2 Sampali dalam materi pelajaran Al-Qur’an Hadis masih kurang, hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan selama ini belum efektif, oleh karena itu guru dapat menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share dengan harapan siswa lebih aktif, kreatif dan lebih memahami materi pelajaran yang diajarkan. Sesuai dengan latar belakang tersebut di atas, maka penulis ingin melakukan penelitian lebih mendalam dengan menetapkan judul: Pengaruh Metode Think Pair Share Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Perkumpulan Amal Bakti 2 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah a) Keaktifan belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Persatuan Amal Bakti 2 Sampali Kecamatan Kecamatan Percut Sei Tuan. b) Penerapan metode pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Persatuan Amal Bakti 2 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan. c) Pengaruh antara penerapan metode pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Persatuan Amal Bakti 2 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Perkumpulan Amal Bakti 2 Sampali, sedangkan sampel 40 orang dan analisa data penelitian menggunakan statistik product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs PAB 2 Sampali Kabupaten Deli Serdang ditandai dengan keseriusan belajar dan mendengarkan penjelasan guru, kemampuan mengerjakan tugas yang diberikan guru dan kemampuan menjawab pertanyaan yang diberikan kepada siswa walaupun diberikan waktu 4-5 menit. Penerapan teknik Think Fair Share adalah dengan terlebih dahulu memberikan pertanyaan kepada siswa melalui kelompok kecil berpasangan, memberikan peluang waktu kepada siswa 4-5 menit dan menyuruh siswa untuk menjawab pertanyaan. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan teknik Think Fair Share terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs PAB 2 Sampali Kabupaten Deli Serdang. Pengaruh yang ditimbulkan adalah sedang, karena r-hitung 0.58 sedangkan r hitung 0.32 dengan persentase yang dipengaruhi teknik pembelajaran think fair share terhadap keaktifan belajar siswa adalah 58%.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/205
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Jainuddin.pdf174.27 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.