Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2039
Title: | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA |
Authors: | LUBIS, SYAHIDATUL NADILA |
Keywords: | Media Pembelajaran, Audio Visual, Kemampuan Penalaran Matematis, Self-Efficacy, Realistic Mathematics Education. |
Issue Date: | 28-Feb-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU230391; |
Abstract: | ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA Syahidatul Nadila Lubis Email : syahidatuln.lbs@gmail.com Kurangnya variasi pendekatan pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan guru pada pembelajaran matematika mengakibatkan rendahnya kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis Realistic Mathematics Education yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan model Thiagarajan. Sampel dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI-E Pondok Pesantren Mawaridussalam. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan lembar validasi angket, instrumen kepraktisan dan instrument tes. Dari hasil uji coba diperoleh hasil media pembelajaran audio visual berbasis RME telah memenuhi kriteria sangat valid berdasarkan penilaian ahli sebesar 91,67%; media pembelajaran audio visual berbasis RME telah memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan angket respon sebesar 90,40%. Ketercapaian tujuan pembelajaran memenuhi tingkat ketuntasan belajar secara klasikal dari hasil kemampuan penalaran matematis sebesar 88,89% dengan peningkatan gain sebesar 0,637 dalam kategori sedang. Kemampuan Selfefficacy ditinjau dari dari hasil angket self-efficacy siswa meningkat menjadi 71,80% dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis RME telah valid, praktis, dan efektif meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual, Kemampuan Penalaran Matematis, Self-Efficacy, Realistic Mathematics Education. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2039 |
Appears in Collections: | Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 6.56 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 10.55 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 1.31 MB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 1.74 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.