Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1829
Title: PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA ANAK DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN NILAI MORAL
Authors: Maulia, Yusi
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Keluarga, Nilai Moral Pada Anak
Development of Teaching Materials, Family, Moral Values in Children
Issue Date: 6-Feb-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230195;
Abstract: ABSTRAK PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA ANAK DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN NILAI MORAL Yusi Maulia Email : mauliayusi@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar PPKn berupa modul berbantuan Video Canva pada materi peranan keluarga dalam menanamkan nilai moral pada anak di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Dua Koto Kabupaten Pasaman Sumatera Barat . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap, Analysis (Analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evalution (evaluasi). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dan satu orang guru yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 2 Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat yang berjumlah 29 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian merupakan sampel jenuh yaitu seluruh siswa kelas VII dan satu orang guru yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 2 Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat yang berjumlah 29 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara yang dilakukan di lapangan serta kritik, saran, dan masukan yang diberikan validator, guru dan siswa melalui penyebaran angket. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil data penilaian validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, serta angket respon guru dan siswa. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji instrumen data yaitu dengan uji validitas oleh ahli materi dan ahli desain. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, diperoleh hasil dengan memenuhi kriteria layak. Penilaian tingkat kevalidan modul oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan 94% dengan kualifikasi “sangat valid” kemudian dengan ahli desain dengan rata-rata keseluruhan 96% dengan kualifikasi sangat valid. Penelitian tingkat kelayakan oleh guru diperoleh rata-rata 94% dan siswa memberikan respon baik dan positif dengan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 93%., sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan ajar PPKn materi peranan keluarga dalam menanamkan nilai moral pada anak kelas VII SMP Negeri 2 Dua Koto yang berbentuk modul berbantuan aplikasi Video Canva sangat layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Keluarga, Nilai Moral Pada Anak iv ABSTRACT THE ROLE OF FAMILY IN IMPLEMENTING MORAL VALUES IN CHILDREN IN THE DEVELOPMENT OF MORAL VALUES TEACHING MATERIALS Yusi Maulia Email : mauliayusi@gmail.com This study aims to develop PPKn teaching materials in the form of Canva Video-assisted modules on the subject of the role of the family in instilling moral values in children at Junior High School (SMP) Negeri 2 Dua Koto, Pasaman Regency, West Sumatra. This research is a development research or Research and Development (R&D) using a development research design with the ADDIE model consisting of stages, Analysis ( Analysis), Design (design), Development ( development), Implementation (implementation), and Evaluation (evaluation). . The population in this study were all students of class VII and one teacher who taught in class VII of SMP Negeri 2 Dua Koto, Pasaman Regency, West Sumatra, totaling 29 people. The sample used in this study is a saturated sample, namely all students of class VII and one teacher who teaches in class VII of SMP Negeri 2 Dua Koto, Pasaman Regency, West Sumatra, totaling 29 people. Data collected in this study are in the form of qualitative data and quantitative data. Qualitative data obtained from observations, interviews conducted in the field as well as criticism, suggestions, and input given by validators, teachers and students through the distribution of questionnaires. While quantitative data were obtained from the results of the validation assessment data carried out by media experts, material experts, as well as teacher and student response questionnaires . Prior to the analysis, the data instrument test was first carried out, namely by testing the validity by material experts and design experts. Based on the results of data analysis in this study, the results obtained by meeting the appropriate criteria. The assessment of the module's validity level by material experts obtained an overall average of 94% with "very valid" qualifications then by design experts with an overall average of 96% with very valid qualifications. Research on the feasibility level by teachers obtained an average of 94% and students gave good and positive responses by showing an average value of 93%., so it can be concluded that the development of Civics teaching material on the role of the family in instilling moral values in seventh grade children of SMP Negeri 2 Two Kotos in the form of modules with the help of Canva's Video application are very suitable for use in classroom learning. Keywords: Development of Teaching Materials, Family, Moral Values in Children This document is translated from the original documents of Indonesia language by Language Center UISU v
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1829
Appears in Collections:Pendidikan Kewarganegaraan & Pancasila

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography4.69 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract309.9 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II600.38 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.69 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.