Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1750
Title: PENGARUH STRATEGI DISKUSI DAN STRATEGI EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-ULUM MEDAN KECAMATAN MEDAN AREA TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022
Authors: RIZAL, M. HADI
Issue Date: 3-Feb-2023
Publisher: Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230118;
Abstract: ABSTRAK PENGARUH STRATEGI DISKUSI DAN STRATEGI EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-ULUM MEDAN KECAMATAN MEDAN AREA TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022 M. HADI RIZAL NPM 71180211079 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan strategi diskusi dan ekspositori serta pengaruh strategi diskusi terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Ulum Medan Kecamatan Medan Area tahun pembelajaran 2021-2022. Populasi seluruh siswa kelas VIII berjumlah 195 siswa. Sampel ditetapkan secara purpossif yakni siswa kelas VIII.1 sebanyak 24 siswa ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII.2 sebanyak 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar sejarah kebudayaan Islam menggunakan strategi diskusi pada siswa kelas VIII MTs Al-Ulum Medan Kecamatan Medan area tahun 2021-2022 dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar sejarah kebudayaan Islam menggunakan strategi ekspositori pada siswa kelas VIII MTs Al-Ulum Medan Kecamatan Medan Area tahun pembelajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam berbentuk objektif pilihan berganda sebanyak 25 soal. Tes ini diujikan setelah masing-masing kelompok mengikuti pembelajaran menggunakan strategi diskusi dan Ekspositori. Karena penelitian ini bersifat komparatif, maka rata-rata nilai variabel X1 dan variabel X2 diperbandingkan satu sama lain. Perbandingan yang digunakan adalah statistik t-Tes yakni uji beda rata-rata dua kelompok sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik diperoleh kesimpulan dari hasil penelitian: Hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan strategi diskusi memperoleh nilai rata-rata 84,5. Perolehan nilai rata-rata tersebut menandakan bahwa kelompok siswa yang diajar menggunakan strategi diskusi memiliki kategori hasil belajar A (baik sekali). Hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan strategi Ekspositori memperoleh nilai rata-rata 75,8. Perolehan nilai rata-rata tersebut menandakan bahwa kelompok siswa yang diajar menggunakan strategi Ekspositori memiliki kategori hasil belajar B (baik). Pembelajaran dengan strategi diskusi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII MTs Al-Ulum Medan. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan menggunakan uji “t”, di mana t hasil perhitungan dibandingkan dengan ttabel dan diperoleh thitung > ttabel atau 4,37 > 1,677.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1750
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography742.25 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract125.8 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II718.09 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V402.34 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.