Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1745
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PADHIL, M. | - |
dc.date.accessioned | 2023-02-03T04:02:14Z | - |
dc.date.available | 2023-02-03T04:02:14Z | - |
dc.date.issued | 2023-02-03 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1745 | - |
dc.description.abstract | ABSTRAK STUDI PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN M.PADHIL 71180211055 Tujuan dalam penelitian ini yakni mengetahui Konsep Imam Al Ghazali mengenai kepemimpinan pendidika, mengetahui konsep Imam Al Ghazali mengenai ciri-ciri kepemimpinan Pendidikan. mengetahui Konsep imam Al-Ghazali mengenai Metode Pendidikan dan mengetahui Konsep Imam Al Ghazali mengenai tujuan Pendidikan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deksritif kepustakaan yaitu berusaha mengkaji dan menganalisis objek kajian dengan menggunakan referensi kepustakaan baik yang primer maupun yang sekunder. Setelah itu, peneliti melakukan kategorisasi dan analisis. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: 1) Pembagian ilmu kepemimpinan Pendidikan menurut Imam menurut Imam al-Ghazali ada dua yakni a) ilmu muamalah mencakup ilmu fardu ain. Ilmu fardu ain adalah ilmu yang wajib dipelajari mencakup ilmu tauhid, ketuhanan, dan lain-lain. Sedangkan ilmu fardu kifayah terbagi tiga bagian; ilmu terpuji (syariah dan umum) ilmu yang harus, dan ilmu tercela. b) Ilmu mukasyafah yakni ilmu yang diperoleh melalui ilham, 2) Konsep kepemimpinan pendidikan menurut Imam al-Ghazali mencakup: a) Pandangan Imam al-Ghazali mengenai Murid dan Tujuan Pendidikan, b) Pandangan Imam al-Ghazali mengenai Guru dan Pendidikan Anak, c) Pandangan Imam al-Ghazali mengenai Sasaran Ilmu, d) Pandangan Imam al-Ghazali mengenai kalifikasi unrutan pentingnya ilmu: Pertama, al-Qur’an, ilmu-ilmu agama, fiqh sunah dan tafsir. Kedua yakni ilmu-ilmu bahasa, ilmu nahwu, tajwid. Ketiga, ilmu yang termasuk kategori wajib kifayah yaitu ilmu kedokteran, ilmu hitung, skill termasuk ilmu politik. Keempat, yakni ilmu-ilmu budaya seperti syair, sejarah, filsafat, matematika, logika dlll. Kata Kunci: Al-Ghazali, Kepemimpinan, Pendidikan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU230116; | - |
dc.subject | Al-Ghazali, Kepemimpinan, Pendidikan. | en_US |
dc.title | STUDI PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 773.91 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 269.76 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 942.1 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 842.99 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.