Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1696
Title: PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN TERHADAP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII MAS MODERN TA’DIB AS-SYAKIRIN MEDAN
Authors: KAREL, AHMAD
Keywords: Nilai-Nilai Kejujuran, Peserta Didik, Akida Akhlak
Honesty Values, Students, Akida Akhlak
Issue Date: 1-Feb-2023
Publisher: Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230097;
Abstract: i ABSTRAK PENANAMAN NILAI-NILAI KEJUJURAN TERHADAP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII MAS MODERN TA’DIB AS-SYAKIRIN T.A 2021-2022 AHMAD KAREL NPM : 71180211070 Pendidikan diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, akan tetapi pendidikan juga diharapkan mampu membentuk karakter dan keyakinan yang kuat pada setiap siswa, sehingga setiap siswa dapat mengembangkan potensi yang ada pada diri, menemukan tujuan hidup dan memperbaiki akhlaknya. Kemerosotan akhlak dan moral perlu segera mendapat penanganan yang serius, baik oleh orang tua, guru, maupun lembaga pendidikan yang ikut bertanggung jawab memberi pendidikan dengan proses pembelajaran. Salah satu nya adalah guru akidah akhlak yang memberikan penekanan pada penanaman nilai-nilai kejujuran dalam perilaku siswa dan dilaksanakan sepenuhnya oleh orang tua, guru, dan seluruh komponen pendidikan. Kejujuran siswa ditanamkan baik di madrasah maupun di luar madrasah yaitu di rumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (fiel research) dengan sifat penelitian deskritif kualitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu pecandraan mengenai situasi dan kejadian secara sistematis, faktual, dan akurat. Sumber data merupakan subyek penelitian yang memiliki kedudukan penting, diperoleh dari sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Peran guru akidah akhlak dalam penanaman nilai kejujuran pada siswa yaitu dengan menggunakan dua cara, langsung dan tidak langsung Cara langsung yaitu dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, pengawasan, nasihat dan hukuman. Sedangkan cara tidak langsung adalah dengan pembelajaran di kelas-kelas. 2). Sedangkan yang menjadi faktor penghambat penanaman nilai kejujuran pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam adalah; sebagian siswa ada yang lulusan dari sekolah umum dan latar belakang keluarga yang kurang memahami pengetahuan agama, sehingga membutuhkan perhatian yang lebih dari para guru dalam melakukan pembinaan kepada siswa tersebut. Kata Kunci: Nilai-Nilai Kejujuran, Peserta Didik, Akida Akhlak ABSTRACT IMPLEMENTATION OF HONESTY VALUES TO STUDENTS IN AKIDAH AKHLAK LESSONS CLASS XII MAS MODERN TA'DIB AS-SYAKRIN AHMAD KAREL NPM : 71180211070 Education is expected to produce quality human resources, but education is also expected to be able to form strong character and belief in each student, so that each student can develop the potential that exists in themselves, find life goals and improve their morals. The decline in morals and morals needs to be immediately taken seriously, both by parents, teachers, and educational institutions who are also responsible for providing education through the learning process. One of them is a moral aqidah teacher who emphasizes the inculcation of honesty values in student behavior and is fully implemented by parents, teachers, and all components of education. Students' honesty is instilled both in the madrasa and outside the madrasa, namely at home. This type of research is a field qualitative research (field research) with a qualitative descriptive research nature, and the nature of this research is a qualitative descriptive that is jokes about situations and events in a systematic, factual, and accurate manner. Data sources are research subjects who have an important position, obtained from primary and secondary data sources. Data collection techniques by observation, interviews and documentation. Technique Checking the validity of the data by using triangulation technique. While data analysis with data reduction, presentation of data drawing conclusions. The results of this study indicate that: 1). The role of the moral aqidah teacher in instilling the value of honesty in students is by using two ways, direct and indirect. The direct method is by using exemplary methods, habituation, supervision, advice and punishment. While the indirect way is by learning in classes. 2). Meanwhile, the inhibiting factors for inculcating the value of honesty in students through Islamic spiritual extracurricular activities are; some students are graduates from public schools and family backgrounds who do not understand religious knowledge, so they need more attention from teachers in providing guidance to these students. Keywords: Honesty Values, Students, Akida Akhlak
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1696
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.46 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract259.4 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II1 MBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V799.14 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.