Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1395
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIREGAR, DEWI SHILFANI-
dc.date.accessioned2022-11-23T04:03:48Z-
dc.date.available2022-11-23T04:03:48Z-
dc.date.issued2022-11-23-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1395-
dc.description.abstractLatar Belakang : Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang paling baru ditemukan pada tahun 2019. Dalam upaya meminimalisir penyebaran lebih luas dari Covid-19, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk melakukan physical distancing dan social distancing. Pembatasan interaksi sosial ini membuat perubahan pada metode pembelajaran. Berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini, mahasiswa terkadang memiliki permasalahan pembelajaran daring (dalam jaringan) yang menimbulkan turunnya semangat mahasiswa dalam belajar dengan metode pembelajaran. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar dan tingkat stres mahasiswa di FK UISU angkatan 2018 selama pandemi Covid-19. Metode : Penelitian analitik observasional menggunakan desain cross sectional. Penetapan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 59 orang mahasiswa Angkatan 2018 FK UISU. Hasil : Berdasarkan hasil Uji Spearman antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa didapati nilai p value = 0.000 (p< 0.05). Nilai korelasi = 0.516 menunjukkan korelasi positif dengan kekuatan korelasi yang kuat. Berdasarkan hasil Uji Spearman antara pembelajaran daring dengan tingkat stres mahasiswa didapati nilai p value = 0.000 (p< 0.05). Nilai korelasi = 0.697 menunjukkan korelasi positif dengan kekuatan korelasi yang kuat. Kesimpulan : Terdapat hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa di FK UISU Angkatan 2018 selama pandemi Covid-19. Terdapat hubungan pembelajaran daring dengan tingkat stres mahasiswa di FK UISU Angkatan 2018 selama pandemi Covid-19en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Kedokteran, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU220251;-
dc.subjectCOVID-19, Online Learning, Learning Motivation, Stress Levelen_US
dc.subjectCOVID-19, Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Tingkat Stresen_US
dc.titleHUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT STRES MAHASISWA DI FK UISU ANGKATAN 2018 SELAMA PANDEMI COVID-19en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Kedokteran

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.75 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract163.27 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II456.34 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V591.79 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.