Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1250
Title: | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERUPA VIDEO PADA MODEL SELF DIRECTED LEARNING |
Authors: | AAP, SRI ISMAYAH |
Keywords: | Development, Video, Procedure Text, Self Directed Learning Pengembangan, Video, Teks Prosedur, Self Directed Learning |
Issue Date: | 13-Oct-2022 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU220111; |
Abstract: | Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan Research and Development (R&D). Penelitian ini mengembangkan media Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berupa Video, prosedur penelitian ini menggunakan prosedur penelitian yang di kemukakan oleh Thiagarajan disingkat dengan 4D (Define, Design, Development, and Dissemination) yang diadaptasi dan disederhanakan menjadi 3D yaitu tahap Define, Design, dan Development . Uji validasi dilakukan oleh empat orang para ahli yaitu dua ahli media dan dua ahli materi. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi berbentuk angket menggunakan skala likert dalam bentuk Chechlist yang terdapat lima macam jawaban dalam setiap item pertanyaan yang diberikan kepada ahli materi, ahli media. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diubah menjadi data kualitatif. Analisis data presentase dilakukan untuk mengetahui presentase kelayakan produk pada media pembelajaran berbentuk video. Presentase hasil validasi materi dan media menunjukkan bahwa media yang dikembangkan pada penelitian ini dikatakan layak melalui beberapa tahap penilaian. Ada pun kelayakan kualitas materi dari pengembangan media pembelajaran ini adalah 84% dari ahli materi pertama dengan kualifikasi sangat valid dan kategori sangat layak, 69% dari ahli materi kedua dengan kualifikasi valid dan kategori layak, 81% dari ahli media pertama dengan kualifikasi sangat valid dan kategori sangat layak dan 100% dari ahli media kedua dengan kualifikasi sangat valid dan kategori sangat layak, jadi dari aspek materi dan media ataupun secara keseluruhan media pembelajaran menulis teks prosedur berupa video pembelajaran pada penelitian ini dikatakan sangat layak digunakan pada Model Self Directed Learning. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1250 |
Appears in Collections: | Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 528.72 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 100.8 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I, II.pdf | Chapter I, II | 846.71 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter III, IV, V | 2.42 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.