Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1250
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAAP, SRI ISMAYAH-
dc.date.accessioned2022-10-13T07:54:33Z-
dc.date.available2022-10-13T07:54:33Z-
dc.date.issued2022-10-13-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1250-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan Research and Development (R&D). Penelitian ini mengembangkan media Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berupa Video, prosedur penelitian ini menggunakan prosedur penelitian yang di kemukakan oleh Thiagarajan disingkat dengan 4D (Define, Design, Development, and Dissemination) yang diadaptasi dan disederhanakan menjadi 3D yaitu tahap Define, Design, dan Development . Uji validasi dilakukan oleh empat orang para ahli yaitu dua ahli media dan dua ahli materi. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi berbentuk angket menggunakan skala likert dalam bentuk Chechlist yang terdapat lima macam jawaban dalam setiap item pertanyaan yang diberikan kepada ahli materi, ahli media. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diubah menjadi data kualitatif. Analisis data presentase dilakukan untuk mengetahui presentase kelayakan produk pada media pembelajaran berbentuk video. Presentase hasil validasi materi dan media menunjukkan bahwa media yang dikembangkan pada penelitian ini dikatakan layak melalui beberapa tahap penilaian. Ada pun kelayakan kualitas materi dari pengembangan media pembelajaran ini adalah 84% dari ahli materi pertama dengan kualifikasi sangat valid dan kategori sangat layak, 69% dari ahli materi kedua dengan kualifikasi valid dan kategori layak, 81% dari ahli media pertama dengan kualifikasi sangat valid dan kategori sangat layak dan 100% dari ahli media kedua dengan kualifikasi sangat valid dan kategori sangat layak, jadi dari aspek materi dan media ataupun secara keseluruhan media pembelajaran menulis teks prosedur berupa video pembelajaran pada penelitian ini dikatakan sangat layak digunakan pada Model Self Directed Learning.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU220111;-
dc.subjectDevelopment, Video, Procedure Text, Self Directed Learningen_US
dc.subjectPengembangan, Video, Teks Prosedur, Self Directed Learningen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERUPA VIDEO PADA MODEL SELF DIRECTED LEARNINGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography528.72 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract100.8 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II846.71 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V2.42 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.