Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1223
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorVIRANDA, ELIYATI-
dc.date.accessioned2022-10-12T07:59:24Z-
dc.date.available2022-10-12T07:59:24Z-
dc.date.issued2022-10-12-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1223-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui tingkat kevalidan, keefektifan dan kepraktisan LKPD yang dikembangkan dengan model pembelajaran problem based learning kelas XI SMK. 2). Mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas XI SMK setelah menggunakan LKPD dengan model problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Developtment (R&D). Penelitian pengembangan ini mengacu pada model 4-D yang dikemukakan Thiagarajan (1974) yaitu difene, design, develop, disseminate. Namun dalam penelitian ini penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis problem based learning ini dimodifikasi menjadi 3-D yang dibatasi hanya pada tahap develop. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-BM (bisnis manajemen) SMK Budi Utomo Cikampak. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian LKPD untuk mengukur kevalidan, tes minat belajar dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan diperoleh bahwa (1) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan skor rata rata 4,2 dengan kategori valid. Ketuntasan belajar secara klasikal telah mengalami peningkatan yaitu pada uji coba I (59,09%) pada uji coba II meningkat sebesar (90,90%) dengan waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa, maka LKPD dikatakan efektif. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan ditinjau dari angket respon siswa terhadap LKPD menunjukkan bahwa skor rata-rata 81,76% dengan kategori kuat. (2) Minat belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dengan peningkatan rata-rata dari pretest ke posttest dengan skor peningkatan sebesar 80,5% dengan kategori tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU220089;-
dc.subjectStudent worksheet (LKPD), Interest in Learning, Problem Based Learningen_US
dc.subjectLembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Minat Belajar, Problem Based Learningen_US
dc.titlePENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMKen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography388.58 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract54.98 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II307.96 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V992.47 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.