Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1046
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA ALAT MUSIK GORDANG SAMBILAN PADA MATERI IRISAN KERUCUT KELAS XI SMA PRIMBANA MEDAN
Authors: NASUTION, ANGGI NADILA SORAYA
Keywords: Etnomatematika, ADDIE, Lembar Kerja Peserta Didik
Issue Date: 14-Jan-2022
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan,Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU210324;
Abstract: Penelitian ini membahas tentang pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika alat musik Gordang Sambilan pada materi irisan kerucut kelas XI SMA Primbana Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika alat musik Gordang Sambilan pada materi irisan kerucut kelas XI SMA Primbana Medan yang valid, praktis dan efektif. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE dengan 5 tahapan. Tahapan pada model ADDIE yaitu: 1) Analisa (analysis); 2) Perancangan (design); 3) Pengembangan (development); 4) Implementasi (implementation); 5) Evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan lembar kerja peserta didik yang dikembangkan adalah angket penilaian oleh dua dosen matematika dan satu guru matematika, untuk mengukur kepraktisan lembar kerja peserta didik instrumen yang digunakan adalah angket respon peserta didik dan untuk mengukur keefektifan lembar kerja peserta didik instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan lembar kerja peserta didik. Hasil rata-rata validitas untuk lembar kerja peserta didik yaitu 4,36 yang berarti lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik diperoleh rata-rata skor 4,07 yang berarti lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Keefektifan lembar kerja peserta didik yang dikembangkan berdasarkan tes hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Primbana Medan persentase ketuntasan tes hasil belajar peserta didik yaitu 83,333% yang berarti sangat efektif.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1046
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography2.59 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract88.3 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I222.21 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V1.82 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.