Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1046
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NASUTION, ANGGI NADILA SORAYA | - |
dc.date.accessioned | 2022-01-14T02:23:04Z | - |
dc.date.available | 2022-01-14T02:23:04Z | - |
dc.date.issued | 2022-01-14 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1046 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini membahas tentang pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika alat musik Gordang Sambilan pada materi irisan kerucut kelas XI SMA Primbana Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika alat musik Gordang Sambilan pada materi irisan kerucut kelas XI SMA Primbana Medan yang valid, praktis dan efektif. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE dengan 5 tahapan. Tahapan pada model ADDIE yaitu: 1) Analisa (analysis); 2) Perancangan (design); 3) Pengembangan (development); 4) Implementasi (implementation); 5) Evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan lembar kerja peserta didik yang dikembangkan adalah angket penilaian oleh dua dosen matematika dan satu guru matematika, untuk mengukur kepraktisan lembar kerja peserta didik instrumen yang digunakan adalah angket respon peserta didik dan untuk mengukur keefektifan lembar kerja peserta didik instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan lembar kerja peserta didik. Hasil rata-rata validitas untuk lembar kerja peserta didik yaitu 4,36 yang berarti lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik diperoleh rata-rata skor 4,07 yang berarti lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Keefektifan lembar kerja peserta didik yang dikembangkan berdasarkan tes hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Primbana Medan persentase ketuntasan tes hasil belajar peserta didik yaitu 83,333% yang berarti sangat efektif. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan,Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU210324; | - |
dc.subject | Etnomatematika, ADDIE, Lembar Kerja Peserta Didik | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA ALAT MUSIK GORDANG SAMBILAN PADA MATERI IRISAN KERUCUT KELAS XI SMA PRIMBANA MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 2.59 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 88.3 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 222.21 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 1.82 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.