Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/836
Title: PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA BERDASARKAN ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX
Authors: FAUZI, MAHDI
Keywords: Intellectual Capital (IC), Structural Capital Value Added (STVA) , Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR ) , Islamic Commercial Bank Performance, Islamicity Performance Index , Equitable Distribution Ratio (EDR) , Profit Sharing Ratio (PSR).
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Intellectual Capital (IC) dan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia berdasarkan Islamicity Performance Index. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia berdasarkan Islamicity Performance Index dengan menggunakan indikator Equitable Distribution Ratio (EDR) dan Profit Sharing Ratio (PSR). Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Intellectual Capital (IC) yang diukur melalui indikator Structural Capital Value Added (STVA). Objek dan populasi penelitian ini ialah 14 perusahaan perbankan syariah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu sebanyak 8 perbankan syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan laporan keuangan yang lengkap dan mempublikasikan data laporan pelaksanaan ICSR-nya tersedia dan lengkap pada periode berturutturut tahun 2016 sampai tahun 2019. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Intellectual Capital (IC) dengan indikator Structural Capital Value Added (STVA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah berdasarkan Islamic City Performance Index dengan indikator Equitable Distribution Ratio (EDR) dan Profit Sharing Ratio (PSR). Sedangkan variabel Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah berdasarkan Islamic City Performance Index dengan indikator Equitable Distribution Ratio (EDR) dan Profit Sharing Ratio (PSR).
Issue Date: 28-Oct-2021
Publisher: Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU210199;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji Intellectual Capital (IC) dan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia berdasarkan Islamicity Performance Index. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia berdasarkan Islamicity Performance Index dengan menggunakan indikator Equitable Distribution Ratio (EDR) dan Profit Sharing Ratio (PSR). Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Intellectual Capital (IC) yang diukur melalui indikator Structural Capital Value Added (STVA). Objek dan populasi penelitian ini ialah 14 perusahaan perbankan syariah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu sebanyak 8 perbankan syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan laporan keuangan yang lengkap dan mempublikasikan data laporan pelaksanaan ICSR-nya tersedia dan lengkap pada periode berturutturut tahun 2016 sampai tahun 2019. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Intellectual Capital (IC) dengan indikator Structural Capital Value Added (STVA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah berdasarkan Islamic City Performance Index dengan indikator Equitable Distribution Ratio (EDR) dan Profit Sharing Ratio (PSR). Sedangkan variabel Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah berdasarkan Islamic City Performance Index dengan indikator Equitable Distribution Ratio (EDR) dan Profit Sharing Ratio (PSR).
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/836
Appears in Collections:Akuntansi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography427.5 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract43.32 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I183.87 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V, VI.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V, VI826.42 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.