Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/818
Title: PENGARUH ZAKAT, ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA BERDASARKAN ISLAMICCITY PERFORMANCE INDEX
Authors: DEPIANA, DEPIANA
Keywords: Zakat, Islamic Corporate Governance, Dewan Pengawas Syariah (DPS), Syariah Compliance (SC) Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah, Islamic City Performance Index, Equitable Distribution Ratio (EDR), Profit Sharing Ratio (PSR)
Issue Date: 27-Oct-2021
Publisher: Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU210181;
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Zakat dan penerapan Islamic Corporate Governance terhadap kinerja keuangan bank syariah di Indonesia. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan bank syariah berdasarkan islamicity performance index dengan menggunakan indikator Equitable Distribution Ratio (EDR) dan Profit Sharing Ratio (PSR). Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Zakat dan Islamic Corporate Governance yang diukur dengan keberadaan DPS yang dinamakan IG-Skor dan indikator kepatuhan syariah. Sampel penelitian adalah Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar di Bank Indonesia tahun 2016-2019. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 8 unit bank yang menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square untuk menganalisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zakat tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan berdasarkan islamicity performance index. Sedangkan Islamic Corporate Governance berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan islamicity performance index.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/818
Appears in Collections:Akuntansi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography527.77 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract68.66 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I172.51 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V, VI.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V, VI781.48 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.