Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2891
Title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH THAHARAH KELAS X IPS-1 MAN 3 PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH
Authors: NASUTION, NURHAMIMAH
Keywords: Media Visual, Hasil Belajar, Fiqih Thaharah
Issue Date: 25-Mar-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU240138;71190211087
Abstract: ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH THAHARAH KELAS X IPS-1 MAN 3 PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH NURHAMIMAH NASUTION NPM : 71190211087 Penelitian ini dilakukan mulai bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yang saling berkaitan. Keempat tahap tersebut adalah tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan : Penggunaan media berbasis visual dapat meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas X IPS-1 di MAN 3 PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Pengamatan awal terhadap pelaksanaan dan hasil pembelajaran di MAN 3 PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH ditemukan beberapa permasalahan, diantaranya: pertama, pembelajaran selama ini masih cenderung monoton dan belum divariasikan dengan metode lain yang lebih variatif, misalnya yang memperhatikan perbedaan individual peserta didik. Hal ini menyebabkan aktivitas peserta didik rendah atau pasif, yaitu prosentase aktivitas peserta didik secara klasikal hanya 45%. Kedua, prestasi belajar masih rendah, hal ini di buktikan dari hasil ulangan semester ganjil yang berjumlah 54 peserta didik, sebanyak 27 atau sekitar 50% belum berhasil mendapatkan nilai 65 sebagai Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) yang ditetapkan. Penelitian Tindakan Kelas ini di laksanakan dalam dua siklus, analisis data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa di akhir siklus dan data observasi keaktifan guru. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode media berbasis visual. Melalui metode media berbasis visual tersebut diharapkan hasil belajar peserta didik dapat meningkat khususnya pada materi thaharah. Perbaikan pembelajaran dengan metode media berbasis visual terbukti mampu meningkatkan hasil belajar materi thaharah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-rata adalah 72 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 72,2%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata adalah 82 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 83,3%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode media berbasis visual mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar materi thaharah kelas X IPS-1 di MAN 3 PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH tahun pelajaran 2023/2024. Kata kunci: Media Visual, Hasil Belajar, Fiqih Thaharah
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2891
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.77 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract6.98 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II337.34 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V299.31 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.