Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/282
Title: ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Authors: YUSUF, RIDUAN
Keywords: Analisis, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Efektivitas Pengecoh/Opsi, Ujian Nasional
Analysis, Validity, Reliability, Level of Difficulty, Distinguishing Power Deception/Option Effectiveness, National Examination
Issue Date: 12-Aug-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 7115050058;7115050058
Abstract: ABSTRAK ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Riduan Yusuf Email: yusufriduan11@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh/Opsi dari soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 dan mengetahui kesalahan konseptual, prosedural, dan operasional pada pengerjaan soal essay yang diambil dari soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 7 soal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas IX dari empat sekolah, yakni: SMP MMA UISU, MTs Al Manar, MTs Ikhwanuts Tsalits, dan MTs Sabilunnajah yang berjumlah 208 orang dan sampel pada penelitian ini adalah masing-masing 169 lembar jawaban soal pilihan berganda dan soal essay. Metode pengumpulan data adalah metode observasi dan tes. Analisis yang dilakukan menggunakan program Anates 4.0.9. Hasil penelitian ini ditinjau dari Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh/Opsi diperoleh kualitas butir soal yakni: (1) pada SMP MMA UISU, 20 butir (50%) soal berkualitas baik, 12 butir (30%) soal berkualitas cukup baik, dan 8 butir (20%) soal berkualitas jelek. (2) pada MTs Al Manar, 26 butir (65%) soal berkualitas baik, 7 butir (17,5%) soal berkualitas cukup baik, dan 7 butir (17,5%) soal berkualitas jelek. (3) pada MTs Ikhwanuts Tsalits, 17 butir (42,5%) soal berkualitas baik, 19 butir (47,5%) soal berkualitas cukup baik, dan 4 butir (10%) soal berkualitas jelek. (4) pada MTs Sabilunnajah, 21 butir (52,5%) soal berkualitas baik, 14 butir (35%) soal berkualitas cukup baik, dan 5 butir (12,5%) soal berkualitas jelek. Dari rata-rata skor pengerjaan soal essay dapat dilihat tidak ada perbedaan kemampuan siswa/i dari empat sekolah tersebut karna skor yang diperoleh masih di bawah rata-rata. Dan pada analisis kesalahan pengerjaan 7 soal essay diperoleh pada empat sekolah cenderung dominan siswa/i mengalami kesalahan konseptual. Kata Kunci: Analisis, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Efektivitas Pengecoh/Opsi, Ujian Nasional ABSTRACT QUALITY ANALYSIS OF THE NATIONAL EXAMINATION QUESTIONS MATHEMATICS SUBJECTS SMP / MTs ACADEMIC YEAR 2017/2018 Riduan Yusuf Email: yusufriduan11@gmail.com This study aims to determine the Validity, Reliability, Difficulty, Distinction, and Effectiveness of Deception / Options from the 2017/2018 Academic Year SMP / MTs National Examination questions and to know the conceptual, procedural, and operational errors of the essay questions taken from the national examination questions in mathematics subject for the 2017/2018 SMP/ MTs for 7 questions. This research is a quantitative research with descriptive method. The population in this study were grade IX students from four schools, namely: MMA UISU Middle School, Al Manar MTs, MTs Ikhwanuts Tsalits, and MTs Sabilunnajah totaling 208 people and the sample in this study were 169 multiple choice answer sheets respectively and essay questions. Data collection methods are observation and test methods. Analysis carried out using the Anates 4.0.9 program. The results of this study in terms of the level of difficulty, differentiation, and effectiveness of deceivers / options obtained by the quality of the items are: (1) at MMA UISU Middle School, 20 questions (50%) good quality questions, 12 questions (30%) less good quality and 8 questions (20%) bad quality questions. (2) on Al Manar MTs, 26 questions (65%) about good quality questions, 7 questions (17.5%) less good quality questions, and 7 questions (17.5%) about bad quality questions . (3) on MTs Brotherhood Tsalits, 17 questions (42.5%) good quality questions, 19 questions (47.5%) less good quality questions, and 4 questions (10%) bad quality questions . (4) on MTs Sabilunnajah, 21 questions (52.5%) good quality questions, 14 questions (35%) less good quality questions, and 5 questions (12.5%) bad quality questions. From the average score of work on essay questions can be seen there is no difference in the ability of students from the four schools because the sores obtained are relatively low and below average. And in the analysis of workmanship 7 essay questions obtained in four schools tended to be dominant students experienced conceptual errors. Keywords: Analysis, Validity, Reliability, Level of Difficulty, Distinguishing Power Deception/Option Effectiveness, National Examination
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/282
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Riduan Yusuf.pdf87.88 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.