Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2734
Title: EFEKTIVITAS DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MENUJU SMART GOVERNANCE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN DELI SERDANG
Authors: LUBIS, NURUL HUSNA
Keywords: Efektivitas, Kualitas Pelayanan Publik, Smart Governance
Issue Date: 23-Nov-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU231013;71190611005
Abstract: ABSTRAK EFEKTIVITAS DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MENUJU SMART GOVERNANCE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Nurul Husna Lubis NPM : 71190611005 Program Studi : Administrasi Negara Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Reformasi birokrasi di daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good local governance) terfokus pada peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Dasar hukum pelayanan publik di Indonesia tertuang dalam Undang–Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Smart governance sebagai media perwujudan Good governance menjadi salah satu unsur terpenting dalam perkotaan yaitu badan/instansi pemerintahan yang dikembangkan berdasarkan fungsi teknologi informasi agar dapat di akses oleh yang berkepentingan secara efektif dan efisien. Pemerintah Kabupaten Deli Serdang sebagai suatu instansi yang menangani berbagai kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat daerah, dituntut untuk memiliki kemampuan teknis administratif maupun teknis manajerial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui untuk mengetahui efektivitas dan kualitas pelayanan publik di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten deli serdang, untuk mengetahui faktor pendukung dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Deli Serdang menuju smart governance, dan untuk mengetahui faktor penghambat dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Deli Serdang menuju smart governance. Bentuk penelitian ini yaitu penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif melalui wawancara. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang sudah efektif dan memiliki kualitas pelayanan publik yang baik seperti adanya fasilitas yang lengkap. dan informasi pelayanan sangat jelas. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang sudah terus berupaya untuk terus mengikuti perkembangan teknologi untuk menuju smart governance seperti tersedianya website dan beberapa aplikasi yang di miliki. Namun masyarakat Kabupaten Deli Serdang masih banyak yang belum siap untuk menuju smart governancei, karena masih banyaknya yang kesulitan dalam menggunakan teknologi, dan masih tingginya minat masyarakat untuk mengurus administrasi secara tatap muka. Kata Kunci : Efektivitas, Kualitas Pelayanan Publik, Smart Governance
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2734
Appears in Collections:Ilmu Administrasi Negara

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography9.03 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract130.68 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II247.36 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V375.41 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.