Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2193
Title: PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA (STUDI PADA SISWA SMP YASPEN CERDAS BANGSA NAMORAMBE TAHUN AJARAN 2022-2023)
Authors: OKTAVIA, NADIA
Keywords: Pendidikan, Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa SMPYASPEN Cerdas Bangsa amorambe
Issue Date: 22-Sep-2023
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230533;71190211019
Abstract: ABSTRAK Nama : Nadia Oktavia NPM : 71190211019 Judul : Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa (Studi Pada Siswa SMP YASPEN Cerdas Bangsa Namorambe Tahun Ajaran 2022-2023) Dosen Pembimbing I : Drs. Parianto, M.Pd Dosen Pembimbing II : Habibullah, S.Ag., MA Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pendidikan Agama Islam dalam keluarga dan Kedisiplinan Beribadah siswa SMP YASPEN Cerdas Bangsa Namorambe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jumlah respondennya 40 siswa SMP YASPEN Cerdas Bangsa Namorambe. Penelitian diadakan pada bulan Mei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu dokumentasi, observasi dan angket. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai responden dan sekolah, observasi dilakukan untuk melihat aktivitas belajar mengajar serta keagamaan siswa sedangkan metode angket digunakan untuk mengambil data tentang kedua variabel, yakni untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama islam dalam keluarga dan kedisiplinan beragama siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan mengunakan teknik analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjut. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi dengan menunjukkan ada pengaruh pendidikan agama islam dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa SMP YASPEN Cerdas Bangsa Namorambe. Hal ini diketahui dari koefisien korelasi antara pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dengan kedisiplinan beragama siswa yaitu sebesar 0,425. Nilai r hitung dikonsultasikan dengan nilai rtabel product moment dengan N = 40 dan taraf signifikansi kepercayaan 5% yaitu 0,312. Sehingga terbukti r hitung> r tabel , sehingga hipotesis Ha yang diajukan “diterima“. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama islam dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswaSMP YASPEN Cerdas Bangsa Namorambe. Kata Kunci : Pendidikan, Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa SMPYASPEN Cerdas Bangsa amorambe
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2193
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography1.49 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract263.44 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II758.72 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V635.12 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.