Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2033
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLESTARI, EKA ARIATI-
dc.date.accessioned2023-02-27T04:38:54Z-
dc.date.available2023-02-27T04:38:54Z-
dc.date.issued2023-02-27-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2033-
dc.description.abstractPENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI SMK AKP GALANG Oleh: Eka Ariati Lestari NPM : 71180514006 Email: ekalestarij@gmail.com ABSTRAK Salah satu alternative yang dianggap dapat memecahkan masalah dalam proses kegiatan pembelajaran adalah menerapkan pendekatan pembelajaran model problem based learning berbantuan aplikasi geogebra sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang mengorientasi siswa pada masalah, mengorganisir siswa untuk belajar, meningkatkan kreativitas dan pemecahan masalah yang mengintegrasikan keterampilan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning berbantuan aplikasi geogebra untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa di SMK AKP Galang berdasarkan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian Pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4-D, dalam penelitian ini penulis membatasi pengembangan hanya sampai pada tahap 3-D yaitu: (1) Pendefinisian (define), (2) Perancangan (design), dan (3) Pengembangan (development). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X pada semester genap tahun 2021/2022 kemudian dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 23 siswa dikelas X TKJ 2 sebagai uji coba I dan 23 siswa dikelas X TKCR 2 sebagai uji coba II. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari hasil angket validasi, angket respon siswa serta soal tes kemampuan literasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis problem based learning berbantuan aplikasi geogebra mempunyai tingkat kevalidan sebesar 4,06 dengan kategori valid, tingkat keefektifan dari hasil ketuntasan kemampuan literasi pada uji coba I sebesar 78,26% peserta didik tuntas sedangkan pada uji coba II sebesar 91,30% peserta didik yang tuntas. Hal ini menunjukkan ada kenaikan sebesar 13,04% dari rata-rata kemampuan literasi matematis siswa. Respon siswa diperoleh rata-rata sebesar 4,5 menunjukkan kategori sangat praktis. Kata Kunci : LKPD, Kemampuan Literasi Matematis, Model Problem Based Learning, Geogebra, 3-Den_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU230385;-
dc.subjectLKPD, Kemampuan Literasi Matematis, Model Problem Based Learning, Geogebra, 3-Den_US
dc.titlePENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI SMK AKP GALANGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography2.96 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract151.91 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II577.65 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V671.86 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.