Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1887
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN
Authors: Perangin-angin, Santi Julpita Br
Keywords: Pengembangan, media Pembelajaran, Teks Negosiasi, Audio Visual
Development, Learning media, Negotiation Text, Audio Visual
Issue Date: 7-Feb-2023
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230258;
Abstract: ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN Santi Julpita Br Perangin-angin NPM : 71180513003 Santijulpitaperangin99@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran teks negosiasi berbasis audio visual menggunakan aplikasi capcut untuk siswa kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan, mengetahui kelayakan media pembelajaran, serta mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model Thiagarajan yaitu 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan tahap diseminasi (disseminate). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 23 peserta didik. Jenis data dalam penelitian ini meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah produk media pembelajaran berupa video. Tingkat kelayakan media pembelajaran teks negosiasi berbasis audio visual berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase skor sebesar 73,5% dengan kategori layak, kemudian dari ahli desain diperoleh persentase skor sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Tahap selanjutnya diujicobakan kepada guru Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas X(1) SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Tingkat kelayakan media pembelajaran teks negosiasi berbasis audio visual berdasarkan respon penilaian guru Bahasa Indonesia diperoleh persentase skor sebesar 95% dengan kategori sangat layak, kemudian berdasarkan respon penilaian peserta didik diperoleh skor sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Data tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan media ternyata memiliki peningkatan sesudah menggunakan media, yang mana sebelum menggunakan media masih banyak nilai siswa di bawah KKM sedangkan setelah penggunaan media nilai siswa memiliki peningkatan dan sudah mencapai KKM. Berdasarkan nilai tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran teks negosiasi berbasis audio visual layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, media Pembelajaran, Teks Negosiasi, Audio Visualiv ABSTRACT THE DEVELOPMENT OF AUDIO VISUAL-BASED NEGOTIATION TEXT LEARNING MEDIA TOWARD STUDENTS IN CLASS X SMAS AL-HIDAYAH MEDAN Santi Julpita Br Perangin-angin NPM : 71180513003 Santijulpitaperangin99@gmail.com This study aimed to describe the process of developing audio-visual-based negotiating text learning media by using the capcut application for students in class X SMAS Al-Hidayah Medan, to determine the feasibility of learning media, and to determine the effectiveness of using the developed learning media. This study is a type of research and development (R&D) or research and development. This study used the Thiagarajan 4-D model which consists of 4 stages; defining, designing, developing, and disseminating. The population in this study as 46 students. Sampling used a purposive sampling technique toward the totally 23 students. The types of data in this study include qualitative data and data. The resultis a learning media product in the form of video. The feasibility level of audio-visual-based negotiation text learning media based on the assessment of material experts obtained a score percentage as 73.5% or a decent category, then from design experts obtained a percentage score of 90% or very decent category. The next stage was tested on Indonesian language teachers and class X(1) students in SMAS AlHidayah Medan. The feasibility level of audio-visual-based negotiating text learning media based on the assessment response of Bahasa Indonesian teacher obtained a percentage score as 95% or very decent category; based on the student's assessment response, a score as 92% was obtained or very decent category. These data indicated that the learning media is valid and feasible to be used in learning process. Based on the results of students' scores before and after using the media; then it turned out to have an increase after using the media, that before using the media there were still many students' scores still lower than KKM , while after using the media, the students' scores had increased and had reached the KKM. Based on this value, it can be said that the audio-visual-based negotiation text learning media is feasible and effective to be used in the learning process. Keywords: Development, Learning media, Negotiation Text, Audio Visual
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1887
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography5.16 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract69.68 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II365.71 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.5 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.