Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1045
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA
Authors: ALMADIAH
Keywords: student worksheet, realistic mathematics, critical thinking skills
lembar kerja peserta didik, matematika realistik, kemampuan berpikir kritis
Issue Date: 14-Jan-2022
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan,Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU210323;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran matematika realistik yang valid, praktis dan efektif, serta mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian Research and Development yang mengacu pada model 4-D (define, design, develop, dan disseminate) sebagaimana dikemukakan Thiagarajan (1974). Namun dalam pelaksanaannya penelitian ini terbatas pada tahap define, design, dan develop. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS-1 SMA Setia Budi Abadi Perbaungan yang terdiri dari 31 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2021/2022. Adapun Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar penilaian lembar kerja peserta didik untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan skor rata-rata 3.93. Lembar kerja peserta didik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan ditinjau dari hasil penilaian validator dan respon peserta didik. Lembar kerja peserta didik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan ditinjau dari: ketuntasan belajar, respon peserta didik, dan penggunaan waktu dalam proses pembelajaran. Uji coba yang dilakukan dilaksanakan dalam dua tahap dimana terjadi peningkatan presentase ketuntasan belajar dari 35.48% menjadi 93.54% dengan ketercapaian indikator dari 64.77% menjadi 79.97%; respon peserta didik terhadap pembelajaran termasuk dalam kategori efektif dengan rata-rata 88.17%; penggunaan waktu untuk proses pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia. Dengan demikian lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1045
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.52 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract103.31 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I254.92 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V1.04 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.