Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/957
Title: | MEMPERBAIKI PERFORMA MESIN DENGAN CARA MEMINIMALISASI KNOCKING YANG TERJADI PADA MESIN MOBIL XENIA 1.300 cc VVT-i |
Authors: | FAJAR, MUHAMMAD |
Keywords: | Knocking, engine performance Knocking, Performa mesin |
Issue Date: | 12-Jan-2022 |
Publisher: | Fakultas Teknik, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU210403; |
Abstract: | Pada mobil Xenia 1300 cc VVT-i, merupakan kendaraan yang digerakkan oleh mesin berbahan bakar Gasoline. Pada mesin tersebut memiliki rasio kompresi yang tinggi, maka dari itu pengendara harus cermat dalam pengisian bahan bakar. Angka oktan yang rendah memungkinkan bahan bakar berdetonasi, bahan bakar yang mudah berdetonasi akan menurunkan performa mesin karena akan mengalami kerugian daya yang disebabkan bahan bakar terbakar terlebih dahulu sebelum waktunya dan mengakibatkan mesin menggelitik (knocking). Sedangkan semakin tinggi angka oktan memungkinkan bahan bakar tidak berdetonasi sehingga dapat meningkatkan performa mesin dan menjadikan pembakaran lebih sempurna. Jika terjadi knocking maka akan menghasilkan fluktuasi tekanan yang sangat besar dan sangat cepat pada akhir pembakaran. Dan akibatnya membuat tenaga mesin menjadi menurun dan jika knocking ini terus terjadi maka akan memperpendek umur mesin. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya knocking dan cara mengatasinya pada mesin Xenia 1300 cc VVT-i. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/957 |
Appears in Collections: | Teknik Mesin |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 499.16 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 112.87 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 246.62 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I, II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter I, II, III, IV, V | 1.24 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.