Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/885
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | IRFAN, MUHAMMAD | - |
dc.date.accessioned | 2021-12-22T03:48:56Z | - |
dc.date.available | 2021-12-22T03:48:56Z | - |
dc.date.issued | 2021-12-22 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/885 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar-dasar materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam perspektif surah Luqman ayat 13 - 19 menurut Tafsir Ibnu Katsir, karakter yang bisa diambil pendidik menurut AlQur’an surat Luqman ayat 13 -19 menurut Tafisr Ibnu Katsir, dan implikasi pendidik dalam Al-Qur’an Surat Luqman ayat 13-19 dengan Pendidikan Agama Islam menurut Tafsir Ibnu Katsir. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan sumber data primer, skunder dan buku-buku pendukung. Analisis yang digunakan adalah analisis isi dan ditafsirkan dengan menggunakan metode maudhu’i. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Dasar-dasar materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam perspektif surah Luqman ayat 13-19 menurut Tafsir Ibnu Katsir pada dasarnya terkait dengan pendidikan akhlak yaitu perintah untuk berbakti dan taat kepada kedua orang tua, bersabar menghadapi musibah, larangan berlaku sombong, sederhana dalam segala urusan serta anjuran untuk selalu nasihat menasihati dalam kebaikan dan mencegah kemungkaran. 2) Karakter yang bisa diambil pendidik menurut Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 menurut Tafisr Ibnu Katsir antara lain: Religius, yaitu bersyukur kepada Allah atas segala pemberian nikmatnya, Tidak Syirik menyukutukan Allah dengan apapun; Bersahabat/Komunikatif, yaitu Menghormati dan memuliakan orang tua ibu dan bapak; Tanggung Jawab yaitu Menjaga dan Merawat kedua orang tua yang telah susah payah mengandung melahirkan menjaga setiap perkembangan yang dialami anaknya; Religius, yaitu memperteguh hubungan batin insan dengan TuhanNya; Jujur, yakni beramal tanpa mengharap pujian dan sanjungan manusia; Disiplin, Mengerjakan kewajiban shalat 5 waktu; Kerja Keras, mengajak orang mengerjakan kebajikan dan mencegah kemungkaran amar ma’ruf nahi munkar; dan Mandiri, sesusah apapun penderitaan hidup tetap dijalani dengan penuh kesabaran; 3) Implikasi Pendidik dalam Al-Qur’an Surat Luqman ayat 13-19 dengan Pendidikan Agama Islam menurut Tafisir Ibnu Katsir, Pertama, bahwa pendidik bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak dipandang dari segi fisik maupun hartanya akan tetapi dilihat dari ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya. Kedua, ditemukannya karateristik yang harus dimiliki oleh para pendidik di antaranya adalah sersikap, Rabbaniyyah, Zuhud, ikhlas, Kasih sayang, dan Sabar. Ketiga, hendaknya memiliki kualifikasi karakteristik yang dapat membedakannya dengan yang lain diantaranya, memiliki kepribadian yang bagus (Personaliti), Profesional, Sosial. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU210249; | - |
dc.subject | Dasar Materi PAI Perspektif Surah Luqman, Tafsir Ibnu Katsir | en_US |
dc.title | DASAR-DASAR MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PERSPEKTIF SURAH LUQMAN MENURUT TAFSIR IBNU KATSIR | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 284.36 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 143.91 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 301.88 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 559.15 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.