Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/882
Title: | PERAN MASJID SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN NONFORMAL UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK REMAJA KELURAHAN LABUHAN DELI KECAMATAN MEDAN MARELAN |
Authors: | AYUB, MHD |
Issue Date: | 22-Dec-2021 |
Publisher: | Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU210246; |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Masjid sebagai sarana Pendidikan Islam Nonformal, dampak positif pendidikan nonformal di masjid terutama untuk perkembangan akhlak remaja, dan apa saja jenis kegiatan Masjid Dja’faar Warrahmah Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan untuk menunjang pendidikan nonformal khususnya untuk meningkatkan akhlak remajasekitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif Deskriptif yang terdiri dari tahap pengumpulan data, menganalisis, dan menginterprestasikannya secara objektif, faktual, akurat dan sistematis dalam menjelaskan, mamaparkan dan menuliskan serta melaporkan keadaan objek atau data yang telah diperoleh berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Subjek penelitiannya adalah Ketua Takmir Masjid Dja’faar Warrahmah, Ketua Majelis Ta’lim Masjid Dja’faar Warrahmah, Pengasuh Majelis Ta’lim dan Remaja Masjid Dja’faar Warrahmah Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Mareklan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa: 1) Peran Masjid sebagai Sarana Pendidikan Islam Nonformal di Masjid Dja’faar Warrahmah Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan antara lain, secara keseluruhan takmir masjid bekerjsama dengan remaja masjid mampu berperan menjadikan Masjid Dja’faar Warrahmah sebagai lembaga pendidikan Islam nonformal dengan melakukan pembinaan umat di khususnya masyarakat di Jalan Young Panah Hijau Lingkungan VII Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan mengadakan beberapa pendidikan Islam nonformal, seperti kultum subuh dan magrib, kajian remaja setelah shalat magrib, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), pengajian ibu-ibu majlis ta’lim yang diadakan rutin 4 kali dalam sebulan dan juga pengajian insidentil, seperti peringatan maulid Nabi dan Isra’ Mi’raj, utamanya untuk memenuhi kebutuhan mental-spiritual umat, 2) Dampak positif pendidikan nonformal di masjid Dja’faar Warrahmah terutama untuk perkembangan akhlak remaja, banyak terjadi perubahan dari remaja, banyak yang awalnya sangat prihatin karena remaja belum begitu mengerti tentang agama, bahkan remaja tersebut sering melakukan hal-hal yang negatif, seperti mabuk, mencuri, dan kebut-kebutan dijalan. Setelah diadakannya kegiatankegiatan positif tentang pendidikan akhlak seperti adanya pengajian, remaja tersebut lebih banyak melakukan hal-hal yang lebih positif bahkan bisa dikatakan remajatersebutaklaknyacukupbaik,karenasudahbisaterlihatremaja-remajatersebut sering ke masjid dan mengikuiti hal-hal yang positif. 3) Jenis kegiatan Masjid Dja’faar Warrahmah Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan untuk menunjang pendidikan nonformal khususnya untuk meningkatkan akhlak remaja sekitar, antara lain memberikan ceramah atau siraman rohani kepada para remaja oleh ustadz, membina akhlaqul karimah. Materi yang di berikan dalam kegiatanpembinaan akhlak sangat bervariasi seperti: 1. Tadarus membaca Alqur’an, 2. Shalat-wudhu, 3. Zikir, 4. Mendengarkan ceramah keagamaan, 5. Belajar huruf Ar-rabbi(iqro), 6. Mengajak remaja untuk sholat berjma’ah. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/882 |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 178.61 kB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 64.05 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 228.6 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 444.87 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.