Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/855
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | MULIADI, T. GUSLI | - |
dc.date.accessioned | 2021-10-29T08:15:43Z | - |
dc.date.available | 2021-10-29T08:15:43Z | - |
dc.date.issued | 2021-10-29 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/855 | - |
dc.description.abstract | Pandemi covid-19 saat ini membuat proses pembelajaran mengalami berbagai macam persoalan, karena pembelajaran yang dilakukan melalui daring atau tidak lagi tatap muka, tentunya dalam proses pembelajaran ini guru harus menerapkan efektivitas pembelajaran yang tepat. Tidak terkecuali MA Muhammadiyah Sinabang sebagai daerah ujung pulau Sumatera dengan segala keterbatasan yang ada, maka proses belajar mengajar masa pandemi ini memiliki banyak keterbatasan sebagaimana baik dalam teknis maupun proses pelaksanan pembelajaran, hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring tidak dapat berjalan secara efektif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid 19 dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Muhammadiyah Sinabang Kabupaten Simeuluedan untuk mengetahui efektivitas belajar siswa di masa pandemi covid 19 dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Muhammadiyah Sinabang Kabupaten Simeulue serta untuk mengetahui pengaruh pandemi covid 19 terhadap efektivitas belajar siswa di MA Muhammadiyah Sinabang Kabupaten Simeulue. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi 182 orang melalui teknik pengumpulan data angket dan analisa data korelasi product moment. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran agama Islam di Madrasah Aliyah Muhammadiyah, pada masa pandemic covid-19 diterapkan dengan proses pembelajaran daring dengan menggunakan media android melalui berbagai metode, media dan sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan. Efektivitas belajar siswa di masa pandemi covid 19 dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA Muhammadiyah Sinabang Kabupaten Simeulue cukup efektif dengan tetap mempertimbangkan kualitas, waktu pembelajaran, pemberian reward dan penyesuaian materi terhadap metode dan media pembelajaran. Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap Efektivitas Belajar Siswa di MA Muhammadiyah Sinabang Kabupaten Simeulue Hal ini terlihat dari hasil uji t yang diperoleh dimana t-hitung > t-tabel atau 0.78 > 0.36, hal ini meunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh signifikan terhadap moral dan prestasi belajar siswa kelas Madrasah Aliyah Muhammadiyah. Hal ini terlihat dari nilai r tabel (0.78 > 0.36) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara | en_US |
dc.relation.ispartofseries | UISU210218; | - |
dc.title | ANALISIS PENGARUH PANDEMI COVID - 19 TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MA MUHAMMADIYAH SINABANG KABUPATEN SIMEULUE | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 1.01 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 26.46 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 150.05 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 344.58 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.