Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/852
Title: | PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN POLA FLOWCHART TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs AL MANAR MEDAN JOHOR |
Authors: | MIRWANI, REFKI |
Keywords: | Pembelajaran Daring dengan Pola Flowchart, Hasil Belajar Fiqih |
Issue Date: | 29-Oct-2021 |
Publisher: | Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU210220; |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil mata pelajaran Fiqih sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran daring dengan pola flowchart sebagai media, dan peningkatan hasil mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan pembelajaran daring pola flowchart sebagai media pada siswa kelas VIII MTs Al-Manar medan Johor. Penelitian ini menggunakan sampel teknik random sampling melalui acak kelas yakni siswa kelas VIII terdiri atas 28 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, data diolah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen tes hasil belajar Fiqih materi Tatacara Berwudhu dan Shalat berbentuk objektif pilihan berganda sebanyak 45 soal. Untuk mengetahui peningkatan hasil mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan pembelajaran daring pola flowchart sebagai media maka dilakukan perhitungan menggunakan uji t. Berdasarkan teknik analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa: hasil belajar Fiqih siswa sebelum menggunakan pembelajaran daring menggunakan pola flowchart sebagai media memperoleh nilai rata-rata 62,86 termasuk kategori C (cukup). Hasil belajar Fiqih siswa menggunakan pembelajaran daring menggunakan pola flowchart sebagai media memperoleh nilai rata-rata 85,57 termasuk kategori A (baik sekali). Dari 28 siswa, yang memperoleh nilai tertinggi adalah 98 dan nilai yang terendah 76. Secara keseluruhan semua siswa telah mencapai KKM. Pembelajaran daring menggunakan pola flowchart sebagai media efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa dengan ketentuan thitung > ttabel yaitu 13,681 > 1,706. Dengan ketentuan ini maka hipotesis diterima. Dengan taraf signifikan α = 0,05 pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan pola flowchart sebagai media membantu sebesar 61,15% dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/852 |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 2.28 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 49.16 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I.pdf | Chapter I | 167.4 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter II, III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter II, III, IV, V | 635.68 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.