Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/603
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMA NUSANTARA LUBUK PAKAM
Authors: ADELA, RISKA
Keywords: Model Pembelajaran Think Talk Write, Teks Prosedur Kompleks.
Think Talk Write Learning Model, Complex Procedure Text
Issue Date: 11-Feb-2021
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200252;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write melalui media Photo Story terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Nusantara Lubuk Pakam yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 196 orang, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang terdiri dari kelas XI MIA1 dan XI MIA2. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Metode dalam penelitian ini, sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA1 diberi pengajaran tentang teks prosedur kompleks dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write melalui Photo Story dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI MIA2 diberi pengajaran tentang teks prosedur kompleks dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Instrument, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk essai sebanyak 1 soal dengan aspek penilaian isi, struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI MIA1 diajarkan dengan menggunaakan model pembelajaran Think Talk Write memperoleh nilai rata-rata 80,5 dengan persentase 95% kategori mampu menulis teks prosedur. Pada siswa kelas XI MIA2 diajarkan dengan model Think Pair Share memperoleh nilai rata-rata 70,5 dengan persentase 72,5% kategori cukup menulis teks prosedur.hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 23,688 > 1,665 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dapat dilihat bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan pengaruh model pembelajaran Think Talk Write melalui media Photo Story terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kelas XI SMA nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2019/2020
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/603
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography2.58 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract2.55 MBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I2.55 MBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V2.57 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.