Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/596
Title: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) PADA MATERI PELUANG DI KELAS VIII SMP
Authors: BR. SIRAIT, FITRI ANGGRIANI
Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), model Problem Centered Learning (PCL) , Model 4-D
Issue Date: 6-Feb-2021
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200220;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: Mengembangkan perangkat pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Problem Centered Learning (PCL) yang lebih edukatif saat belajar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini mengacu pada model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) yaitu define, design, develop dan disseminate. Pengembangan Perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Problem Centered Learning (PCL) ini dimodifikasi menjadi 3-D yang dibatasi hanya pada tahap develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKPD untuk mengukur kevalidan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa (1)Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan skor rata-rata 4,6 dengan predikat valid, (2) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan skor rata-rata 4,7 dengan predikat sangat valid
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/596
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography3.73 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract3.7 MBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I3.7 MBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V3.71 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.