Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/563
Title: Pembelajaran Materi Sistem Periodik Unsur Menggunakan TGT (Team Games Tournament) Berbantukan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Di Kelas X SMA UISU Medan
Authors: OSNIA
Keywords: Quasi Experiment, TGT (Team Games Tournament)
Issue Date: 4-Feb-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200210;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat perubahan belajar materi sistem periodik unsur menggunakan TGT (Team Games Tournament) berbantukan alat peraga terhadap hasil belajar Di Kelas X SMA UISU Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAS UISU Medan dan dilaksanakan pada Agustus 2019 s/d September 2019. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA UISU Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari kelas IPA dan IPS sedangkan sampel yang digunakan adalah pada kelas IPA yang berjumlah 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,54 dan ttabel sebesar 1,669 pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05. Karena thitung > ttabel (4,54 > 1,669), maka hipotesis alternatif penelitian (Ha) diterima yang berarti bahwa Ha : Terdapat pengaruh TGT (Team Games Tournament) dengan menggunakan alat peraga terhadap materi sistem periodik unsur. Maka Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Materi Sistem Periodik Unsur Berhasil Menggunakan TGT (Team Games Tournament) Berbantukan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Di Kelas X SMA UISU Medan.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/563
Appears in Collections:Pendidikan Kimia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography4.33 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract178.76 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I122.48 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V721.54 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.