Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/559
Title: PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING MELALUI ENRICHED-VIRTUAL MODEL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MTs NEGERI 3 LANGKAT
Authors: JUNDI, SYUKRI
Keywords: problem-based learning, blended learning, enriched-virtual model, kemampuan berpikir kreatif matematika
problem-based learning, blended learning, enriched-virtual model, mathematic creative thinking skill
Issue Date: 3-Feb-2021
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200149;
Abstract: Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Enriched-Virtual Model terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran hybrid (problembased learning melalui enriched-virtual model), sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Langkat sebanyak 294 siswa. Melalui teknik purposive sampling terpilih kelas VIII-1 dan VIII-2 sebagai sampel dengan responden sebanyak 64 orang. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji-t rerata sampel bebas. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematika yang telah dinyatakan valid dan reliabel, dan instrumen berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis secara keseluruhan menggunakan SPSS version 20 untuk menghitung dan menganalisis data. Berdasarkan hasil uji regresi linear diperoleh bahwa adanya: (1) pengaruh model pembelajaran problem-based learning melalui enriched-virtual model terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hal ini dilihat dari hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai korelasi sebesar 0,395 atau 39,5% kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran hybrid (PBL melalui BLEV); dan (2) tidak ada perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran hybrid (PBL melalui BLEV dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model PBL. Hal ini dilihat dari hasil uji-t sampel bebas diperoleh nilai signifikansi (sig) 0,167 ≥ 0,05.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/559
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.56 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract1.54 MBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I1.54 MBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V1.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.