Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/513
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYANA, YANTI-
dc.date.accessioned2021-01-20T07:43:39Z-
dc.date.available2021-01-20T07:43:39Z-
dc.date.issued2021-01-20-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/513-
dc.description.abstractPengaruh status ekonomi orang tua merupakan suatu pengaruh yang sangat besar terhadap proses perkembangan anak karena keluarga adalah lembaga sosial pertama dalam kehidupan manusia. Dan pada realitanya dalam kehidupan nyata banyak orang tua yang berstatus sosial ekonomi tinggi tidak mengalami kesulitan apapun dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya karena mereka memiliki uang, jadi seperti biaya sekolah, perlengkapan-perlengkapan sekolah seperti (laptop, sepeda motor dll) itu bisa terpenuhi, karena mereka mempunyai uang dan dengan uang mereka bisa mewujudkan segalanya.Namun berbeda untuk orang tua yang ekonominya rendah, sehingga dalam memenuhi kebutuhan dan perlengkapan pendidikan anaknya menjadi masalah tersendiri yang berarti, dengan tidak terpenuhinya kebutuhan pendidikan seorang anak dan ditunjang bagi sebagian orang tua. dengan Penelitian ini dibatasi hanya untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa. Dimana status sosial ekonomi orang tua adalah gambaran tentang keadaan orang tua yang ditinjau dari segi sosial ekonomi, gambaran itu yang berkenaan dengan material, vital, dan rohani.. Sedangkan prestasi belajar siswa adalah penilaian hasil usaha kegiatan yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu dapat berupa leger nilai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas III SMP Satu Atap Patumbak Tahun Ajaran 2019/2020. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu data angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam. Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa. Begitu juga dengan prestasi belajar ekonomi berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang cenderung menggunakan analisis. Berdasarkan hasil penelitian Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Bealajar Pendidikan Agama Islam siswa masih terbilang baik, hal ini menurut penulis di sebabkan karena sangat sedikitnya minat mereka terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini di karenakan tidak di mulainya penerapan unutk mencintai agama sejak dini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU200170;-
dc.titlePENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA-SISWI KELAS III DI SMPN 2 SATU ATAP PATUMBAKen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography600.83 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract597.13 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I601.53 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V612.64 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.