Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/488
Title: STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MATERI HUKUM BACAAN TAJWID MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS VII MTs SWASTA ZENDING ISLAM INDONESIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Authors: HUDA, NURUL
Keywords: Contextual Teaching Learning, Konvensional, Al-Qur’an Hadits
Issue Date: 20-Jan-2021
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU200110;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning dan Konvensional pada materi hukum bacaan tajwid, serta efektivitas strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning dalam membantu siswa menerapkan hukum bacaan tajwid di kelas VII MTs Swasta Zending Islam Indonesia Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi seluruh siswa kelas VII berjumlah 70 siswa. Seluruh populasi dijadikan sampel. Siswa kelas VII.1 sebagai kelompok eksperimen dan VII.2 sebagai kelompok kontrol, masing-masing sebanyak 35 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi Hukum Bacaan Tajwid berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal. Tes diujikan setelah tiap kelompok mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning dan konvensional. Perbandingan yang digunakan adalah statistik t-Tes yakni uji beda rata-rata dua kelompok sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik diperoleh hasil penelitian bahwa, hasil belajar Al-Qur’an Hadits yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning pada materi hukum bacaan tajwid memperoleh nilai rata-rata 85,37 termasuk dalam kategori A (baik sekali), menggunakan strategi pembelajaran Konvesional memperoleh nilai rata-rata 67,43 termasuk dalam kategori C (cukup). Strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning lebih efektif sebesar 26,61% dari strategi pembelajaran konvensional dalam membantu siswa menerapkan hukum bacaan tajwid di kelas VII MTs Swasta Zending Islam Indonesia Medan tahun pembelajaran 2019-2020. Hal ini berarti strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning efektif digunakan dalam membantu siswa menerapkan hukum bacaan tajwid di kelas VII MTs Swasta Zending Islam Indonesia Medan tahun pembelajaran 2018-2019.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/488
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.19 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract1.18 MBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I1.19 MBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V1.2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.