Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4391
Title: | PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMAS AL-WASLIYAH 1 MEDAN |
Authors: | LUBIS, TRI RESTI ANDINI |
Keywords: | Pembelajaran berdiferensiasi, model problem based learning, dan penalaran matematis siswa Differentiated learning, problem based learning model, and students' mathematical reasoning |
Issue Date: | 7-Feb-2025 |
Series/Report no.: | Uisu250459;71200514005 |
Abstract: | ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MODEL PROBLEM BASIS LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMAS AL-WASLIYAH 1 MEDAN Tri Resti Andini Lubis Email: trirestiandinilubis@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMAS Al-Wasliyah 1 Medan. Sampel penelitian siswa kelas XI IPA yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Desain (nondesain). Analisis data dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji N-Gain dan uji t untuk melihat nilai signifakansi pembelajaran berdiferensiasi berbasis model problem based learning berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil pengujian data diperoleh hasil uji t dengan nilai Sig.(2-tailed) diperoleh nilai signifkasi 0,000 < 0,05 dan diperoleh ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ > ๐ก๐ก๐๐๐๐ yaitu 7,554>2,048 menunjukkan berpengaruh positif terhadap penalaran matematis siswa sedangkan dilihat dari nilai rata-rata (mean) N Gain bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbasis model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan perolehan nilai peningkatan 0,4575 dengan persentase 45,7501. Hal ini dapat disimpulkan bahwa besar persen yang dihasilkan pembelajaran berdiferensiasi berbasis model problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMAS Al-Wasliyah 1 Medan sebesar 45% termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, model problem based learning, dan penalaran matematis siswa |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4391 |
Appears in Collections: | Pendidikan Matematika |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography.pdf | 1.22 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract.pdf | 129.08 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I, II.pdf | Chapter I, II.pdf | 353.08 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III, IV, V.pdf Restricted Access | Chapter III, IV, V.pdf | 420.35 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.