Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4387
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorOktami, Nurul Fauwzi-
dc.date.accessioned2025-02-06T09:03:43Z-
dc.date.available2025-02-06T09:03:43Z-
dc.date.issued2025-02-06-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4387-
dc.description.abstractABSTRAK PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMA PERGURUAN ERIA MEDAN Nurul Fauwzi Oktami Email: nurulfauwzi@gmail.com Penelitian ini membahas tentang pengaruh media audio visual berbasis pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap penalaran matematis siswa di SMA Perguruan ERIA Medan. Dengan tujuan 1) Untuk Mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media audiovisual bergerak berbasis Model Project Based Learning (PjBL) terhadap penalaran matematis siswa kelas XI IPS-2 dalam materi turunan fungsi aljabar. 2) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa dalam penggunaan media pembelajaran audiovisual berbasis Model Project Based Learning (PjBL). Sampel penelitian siswa kelas XI IPS-2 berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampel dengan jenis penelitian Pre Experimental Desain (nondesain). Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa dan tes penalaran matematis, tes berisi 3 soal uraian yang sudah divalidasi ahli. Analisis data menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa persamaan Y = 19,892 โ€“ 0,310X, dengan ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”= 10.359 dan nilai signifikansi = 0,000 diperoleh nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu 10.359 > 2,0484 dengan taraf signifikansi kurang dari โˆ = 0,05. Besar persen pengaruh dilihat dari tabel koefisien korelasi pada nilai R square (๐‘… 2 ). Dari hasil perhitungan diperoleh nilai ๐‘… 2 = 0,793 menunjukkan bahwa media audio visual berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap penalaran matematis siswa SMA perguruan ERIA Medan berpengaruh positif dengan persentase sebesar 79,3% termasuk katagori tinggi. Sementara perolehan respon siswa sebesar 82,3%. Sehingga dapat dinyatakan pembelajaran menggungakan media audio visual berbasis Project Based Learning (PjBL) mendapat respon positif. Kata kunci: Media Audio Visual, Project Based Learning (PjBL), Dan Penalaran Matematisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseriesUisu250456;71200514011-
dc.subjectMedia Audio Visual, Project Based Learning (PjBL), Dan Penalaran Matematisen_US
dc.subjectAudio-Visual Media, Project Based Learning (PjBL), and Mathematical Reasoningen_US
dc.titlePengaruh Media Audio Visual Berbasis Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Penalaran Matematis Siswa Di SMA Perguruan ERIA Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf1.28 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf351.78 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II.pdf512.93 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V.pdf607.85 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.