Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4327
Title: | PERENCANAAN JEMBATAN KOMPOSIT PANJANG 30M PROYEK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINI HYDRO KETAUN–3. DESA TALANG RATAU, KECAMATAN RIMBO PEGADANG, KABUPATEN LEBONG, PROVINSI BENGKULU |
Authors: | PUTRI, ALIYAH ATMAJA |
Keywords: | Jembatan komposit, Bengkulu, SNI 1725:2016, lendutan Composite bridge, Bengkulu, SNI 1725:2016, deflection |
Issue Date: | 4-Feb-2025 |
Publisher: | Fakultas Teknik, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | UISU250282;71200913025 |
Abstract: | Jembatan merupakan suatu sarana transportasi yang menghubungkan dua sisi yang berbeda. Jembatan komposit merupakan jembatan yang berkombinasi antara dua jenis material yang berbeda dan membentuk satu kesatuan sehingga menghasilkan sifat yang lebih baik yaitu sama-sama memikul beban. Pada umumnya berkombinasi antara bahan konstruksi baja sebagai deck (girder) dan beton bertulang sebagai pelat lantai. Struktur atas terdiri dari balok utama (girder), diafragma, pelat lantai kendaraan, dan trotoar. Jembatan Komposit juga merupakan salah satu jenis Jembatan berdasarkan jenis bahan material. Jembatan tersebut mempunyai pelat lantai beton yang terhubung dengan girder maupun gelagar baja yang bekerja sama menopang beban sebagai bentuk satu kesatuan. Pemakaina gelagar baja difungsikan untuk menahan tarikan sedangkan pelat beton menahan momen pada lendutan.Lokasi pembangunan jembatan ini berada di Desa Talang Ratau, Kecamatan Rimbo Pegadang, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. Tujuannya dibangun adalah sebagai sarana untuk jalan dan untuk angkuta material di proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan struktur jembatan dalam memikul beban. Dengan panjang bentang sebesar 30 m dan lebar 6 m serta perhitungan pembebanan sesuai dengan SNI 1725:2016. Untuk pemodelan dan menganalisis dibantu dengan software SAP2000 dan perhitungan secara manual. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bawah momen ultimit sebesar 5897,79 kNm dan gaya geser ultimit sebesar 1497,26 kNm. Dan hasil lendutan sebesar 0,0074998 m. Perencanaan gelagar menggunakan profil baja IWF 900.300.16.28 dan diafragma IWF 600.300.12.20 Sehingga struktur jembatan komposit berdasarkan hasil analisis perencanaan memenuhi syarat. Kata kunci : Jembatan komposit, Bengkulu, SNI 1725:2016, lendutan |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4327 |
Appears in Collections: | Teknik Sipil |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliograpy.pdf | Cover, Bibliograpy.pdf | 2.77 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract.pdf | 199.94 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I, II.pdf | Chapter I, II.pdf | 717.1 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III, IV , V.pdf Restricted Access | Chapter III, IV , V.pdf | 2.26 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.