Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4309
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBR. RAJA GUK GUK, JESIKA KULL WANI-
dc.date.accessioned2025-02-04T08:15:39Z-
dc.date.available2025-02-04T08:15:39Z-
dc.date.issued2025-02-04-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/4309-
dc.description.abstractABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS BLIPPAR PADA TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK SWASTA SATRIA MANDIRI BANDAR TONGAH Oleh: Jesika Kull Wani Br.Raja GukGuk NPM: 71200513010 Email: khullwanijesika@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan augmented reality (AR) materi teks negosiasi berbasis blippar siswa kelas X SMK Satria Mandiri Bandar Tongah. Jumlah populasi pada siswa yakni 61 siswa dan sampel yang diambil berjumlah 23 siswa yakni kelas X-TBSM 1. Jenis penelitian ini adalah Research and Develoment (R&D) dengan menggunakan model dan metode ADDIE yang diadaptasi dan dikembangkan oleh Lee dan Owens (2004) yaitu, Analisis (Analysis), Desain/Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa augmented reality materi teks negosiasi berbasis blippar siswa kelas X SMK Satria Mandiri Bandar Tongah tergolong pada kategori sangat layak. Penilaian terhadap tingkat kevalidan augmented reality oleh ahli materi I diperoleh rata rata 80,6% dengan kualifikasi “valid”, oleh ahli materi II diperoleh rata-rata 83,3% dengan kualifikasi “valid” . Kemudian penilaian kevalidan oleh ahli desain I 94,6% dengan kualifikasi “sangat valid” oleh ahli desain II 88% dengan kualifikasi “sangat valid. Kemudian dilakukan uji coba pada guru dan siswa, guru Bahasa Indonesia memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 96% dengan kualifikasi “sangat layak” dan siswa juga memberikan respon yang positif dan baik dengan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 92% dengan kualifikasi “sangat layak”. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan augmented reality materi teks negosiasi berbasis blippar siswa kelas X SMK Satria Mandiri Bandar Tongah valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan Augmented Reality, Teks Negosiasi, Blipparen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseriesUisu250417;71200513010-
dc.subjectPengembangan Augmented Reality, Teks Negosiasi, Blipparen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS BLIPPAR PADA TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK SWASTA SATRIA MANDIRI BANDAR TONGAHen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf4.87 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf256.46 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I, II.pdfChapter I, II.pdf764.33 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter III, IV, V.pdf935.78 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.