Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3825
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorUPELINO, DIMAS-
dc.date.accessioned2024-09-07T05:25:19Z-
dc.date.available2024-09-07T05:25:19Z-
dc.date.issued2024-09-07-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3825-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Pematang Tengah, kecamatan Tanjung Pura kabupaten Langkat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalalah teori AIDA. Subjek dari penelitian ini adalah para pemilik UMKM Dodol yang telah memenuhi kriteria pemilihan informan. Lokasi penelitian dilakukan di kawasan Desa Pematang Tengah kecamatan Tanjung Pura kabupaten Langkat terhitung mulai pada bulan Januari 2024 sampai dengan April. Metode yang digunaan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis deskriftif. Hasil yang di dapatkan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh pelaku UMKM Desa Pematang Tengah adalah komunikasi pemasaran secara langsung. Dengan memasarkan kepada konsumen yang datang untuk melakukan transaksi jual beli dan melakukan pemasaran produk dodol ke setiap pusat pasar dan supermarket yang ada di sumatera yaitu Medan dan Aceh. Hambatan dan kendala yang dirasakan oleh pedagang ialah akan dibangunnya Pembangunan Infrastruktur Jalan tol Binjai-Langsa yang akan berdampak pada beberapa pedagang UMKM dodol di Desa Pematang Tengah, dalam memasarkan produknya di tepi jalan. Dikarenakan letak Desa Pematang tengah berada pada jalan lintas Sumatera Medan-Aceh. Kendala juga ada pada keterbatasan pemahaman teknologi dan hampir semua pelaku UMKM Dodol Memasarkan produknya tidak menggunakan media Sosial, Bagi peneliti ini juga menjadi faktor penghambat Pemasaran pedagang UMKM dodol. Setiap pedagang dodol di Desa Pematang Tengah membuat dodol karena adanya permintaan pesanan Konsumen dan juga ketika adanya perayaan hari besar Event di waktu tertentu daerah langkat seperti Haul Syekh Abdul Wahab Rokan di Besilam yang menjadi Ikon Keagamaan umat Islam yang letaknya berada di Tanjung Pura, Kabupaten Langkat. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, UMKM, Pembangunan Infrastruktur.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUisu2403914;71200612014-
dc.subjectKomunikasi Pemasaran, UMKM, Pembangunan Infrastruktur.en_US
dc.titleSTRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK UMKM DODOL DI DESA PEMATANG TENGAH TANJUNG PURA LANGKAT.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Ilmu Komunikasi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf1.33 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf201.35 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf800.28 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf770.33 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.