Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3801
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFAUSAN, RAHMAT-
dc.date.accessioned2024-09-07T04:17:24Z-
dc.date.available2024-09-07T04:17:24Z-
dc.date.issued2024-09-07-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3801-
dc.description.abstractABSTRAK Dengan meningkatnya jumlah kendaraan di Kota Medan sehingga pergerakan lalu lintas semakin meningkat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari yang menyebabkan tingginya arus lalu lintas dan berkurangnya kapasitas ruas jalan serta menurunnya tingkat pelayanan pada ruas jalan yang kemudian dapat menimbulkan kemacetan di ruas jalan tersebut. Untuk mengetahui dan mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi tingkat pelayanan ruas jalan, apakah layak dipertahankan pada karakteristik geometrik dan perilaku lalu lintas ruas jalan yang ada sekarang ini, diperlukan sebuah analisis tingkat pelayanan dan untuk itu harus dicari penyebab permasalahan yang ada sehingga dapat diketahui faktor faktor apa saja yang menjadi penyebab berkurangnya tingkat pelayanan pada ruas jalan saat ini. Untuk menentukan tingkat pelayanan ruas jalan metode yang digunakan adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Februari 1997. Dengan melakukan perhitungan cara manual yaitu dengan menghitung jumlah lalu lintas kendaraan pada ruas jalan pada periode waktu. Data yang telah didapat dimasukkan kedalam Formulir UR-1, Formulir UR-2, dan Formulir UR-3. Data yang digunakan adalah data jam puncak, yang telah dikalikan dengan satuan mobil penumpang (smp) untuk menentukan kapasitas jalan dan didukung data-data geometrik jalan yang disurvei. Data hasil perhitungan yang didapat maka tingkat pelayanan kinerja ruas jalan berdasarkan kecepatan perjalanan rata-rata dan nilai volume dan kapasitas pada ruas jalan Flamboyan Raya di Kota Medan adalah tingkat pelayanan D yaitu Volume lalu lintas sudah mendekati kapasitas ruas jalan, kecepatan kira-kira lebih rendah dari 40 km/jam dan pergerakan lalu lintas kadang terhambat. Berdasarkan arus lalu lintas arah A = 1081,7 smp\jam dengan kapasitas 2994 smp/jam sehingga memiliki derajat kejenuhan 0,35 dengan segmen jalan 1 km dengan kecepatan 26,59 km/jam maka menurut MKJI dapat di tentukan indeks pelayanan jalan Flamboyan Raya arah A memiliki tingkat pelayanan D. Berdasarkan arus lalu lintas arah B = 1529,6 smp\jam dengan kapasitas 2994 smp/jam sehingga memiliki derajat kejenuhan 0,51 dengan segmen jalan 1 km dengan kecepatan 27,54 km/jam maka menurut MKJI dapat di tentukan indeks pelayanan jalan Flamboyan Raya arah B memiliki tingkat pelayanan D adalah kondisi arus lalu lintas mendekati tidak stabil, kecepatan operasi menurun relatif cepat akibat hambatan yang timbul, dan kebebasan bergerak relatif kecil. Kata kunci : Waktu Tempuh, Derajat Kejenuhan, Kecepatan Arus Bebas, dan Kapasitas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARAen_US
dc.relation.ispartofseriesUisu240876;71170913014-
dc.subjectKata kunci : Waktu Tempuh, Derajat Kejenuhan, Kecepatan Arus Bebas, dan Kapasitas.en_US
dc.titleANALISA KINERJA RUAS JALAN FLAMBOYAN RAYA DI KOTA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Teknik Sipil

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf1.01 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf11.11 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf396.28 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V,VI.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V,VI.pdf1.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.