Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3686
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLubis, Khairatunnisa-
dc.date.accessioned2024-09-04T02:55:27Z-
dc.date.available2024-09-04T02:55:27Z-
dc.date.issued2024-09-04-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3686-
dc.description.abstractPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIFDALAM MATERI NOVEL BERBASIS APLIKASI POWTOON UNTUK KELAS XII SMAN 1 PANAI HILIR Oleh Khairatunnisa Lubis 71190513016 Email: Khairatunnisalubis1@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif dalam materi novel berbasis aplikasi powtoon untuk kelas XII SMAN 1 PANAI HILIR. Sumber data pada penelitian ini berupa angket. Jenis data yang digunakan adalah data deskripsi kuantitatif sebagai data pokok yang terkumpul melalui instrument dengan skala likert. Responden dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan siswa. Metode penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Robert Maribe Branch (2009) yang terdiri dari lima tahapan yang saling berkaitan, yaitu analisis, desain, development/pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi juga dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui produk peneliti buat dalam membantu proses pembelajaran.Validasi produk yang dilakukan kepada empat validator yang terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli media dengan hasil validasi ahli materi I yaitu 76,8% kategori layak, ahli materi II yaitu 77,5% kategori layak, ahli media I yaitu 93,33% kategori sangat layak, dan ahli media II yaitu 97,33% kategori sangat layak. Setelah produk direvisi maka selanjutnya adalah uji coba produk kepada siswa dengan pemberian angket untuk penilaian yang peneliti kembangkan. Media diuji cobakan di kelas XII RPL I dan XII RPL II SMAN I PANAI HILIR. Dalam kegiatan ini diperoleh data berupa hasil angket respon siswa, untuk hasil persentase angket respon siswa yaitu kelas XII RPL I diperoleh 86,15% dan pada kelas XII RPL II diperoleh 85,72%. Data tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran tersebut valid dan layak digunakan di sekolah. Kata kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Materi Novel, Aplikasi Powtoonen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUisu2403803;71190513016-
dc.subjectMedia Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Materi Novel, Aplikasi Powtoonen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MATERI NOVEL BERBASIS APLIKASI POWTOON UNTUK KELAS XII SMAN 1 PANAI HILIRen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf1.71 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf346.6 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf1.31 MBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf1.02 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.