Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3503
Title: FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI MENJUAL CABAI MERAH (Capsicum annum L) DI PASAR LELANG SIBORONGBORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA (Study Kasus: Siborong-borong, Kec. Siborongborong, Kab. Tapanuli Utara
Authors: SORMIN, IQBAL DWI AGUSTIAN
Keywords: Kata Kunci : Pasar lelang, Petani, Cabai merah, Rantai pemasaran
Issue Date: 2-Sep-2024
Publisher: FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA
Series/Report no.: Uisu240657;71190712004
Abstract: RINGKASAN EKSEKUTIF Iqbal Dwi Agustian Sormin penelitian ini berjudul “FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI MENJUAL CABAI MERAH DI PASAR LELANG SIBORONG - BORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA” Studi kasus : Siborong-borong, Kec. Siborongborong, Kab. Tapanuli Utara. Dibawah Bimbingan Prof. Dr.Ir Djohar Arifin Husin sebagai ketua komisi pembimbing dan Dr. Mhd. Ilham Riyadh SP. M,Si sebagai anggota komisi pembimbing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis persepsi petani cabai merah mengenai Pasar Lelang di Kecamatan Siborongborong. (2) Untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan petani cabai merah untuk menjual hasil produksi cabai di Pasar Lelang di Kecamatan Siborongborong. Penelitian ini dilaksanakan di Siborong-borong, Kec. Siborong-borong Kab. Tapanuli Utara. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Purposive Sampling yaitu metode sampel yang dipilih secara cermat dengan mengambil objek penelitian yang selektif dan mempunyai ciri-ciri yang spesifik yaitu petani yang berusahatani cabai merah. Sampel yang diambil memiliki ciri-ciri yang khusus dari populasi sehingga dapat dianggap cukup representative. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan instrument yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini yang telah dilaksakan maka didapatkan hasil penelitian sebagai berikut (1) Persepsi petani cabai merah terhadap pasar lelang berdasarkan kuesioner menyatakan 35 petani cabai merah pasar lelang menyatakan persepsi positif terhadap pasar lelang dan 2 petani non pasar lelang menyatakan persepsi positif terhadap pasar lelang dan 33 petani non pasar lelang menyatakan persepsi negatif terhadap pasar lelang. (2) Faktor – faktor yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan petani dalam menjual cabai merah di pasar lelang adalah tingkat pendidikan, luas lahan, produksi dan persepsi. Sedangkan, Faktor yang tidak berpengaruh signifikan adalah umur, lama bertani, jumlah tanggungan dan pendapatan. Kata Kunci : Pasar lelang, Petani, Cabai merah, Rantai pemasaran
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3503
Appears in Collections:Agribisnis

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf1.01 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf123.52 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf268.58 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf434.89 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.