Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3335
Title: PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN FAMILY LEGUMINOSAE TERHADAP NILAI PEDULI LINGKUNGAN MAHASISWA DI THE LE HU GARDEN
Authors: NAZARA, ZIKIR AMIN
Keywords: Nilai Peduli Lingkungan, Metode Pembelajaran Berbasis Lingkungan
Issue Date: 29-Aug-2024
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidilkan , Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: Uisu2403522;71200515018
Abstract: PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN FAMILY LEGUMINOSAE TERHADAP NILAI PEDULI LINGKUNGAN MAHASISWA DI THE LE HU GARDEN Zikir Amin Nazara Email : zikirnazara@gmail.com Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan family Leguminosae terhadap nilai peduli lingkungan mahasiswa Pendidikan BIOLOGI FKIP UISU di The Le Hu Garden. Penelitian ini dilaksanakan pada 07 Mei 2024 di The Le Hu Garden. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Pendidikan BIOLOGI FKIP UISU yang aktif berjumlah 32 orang yang kemudian dijadikan sampel berupa sampel total yang memiliki jumlah sama dengan jumlah populasi yaitu sebanyak 32 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah tes nilai peduli lingkungan berupa tes awal dan post test, lembar observasi, dan juga lembar angket. Hasil tes peduli lingkungan mahasiswa sebelum menggunakan metode pembelajaran berbasis lingkungan ini diperoleh nilai yang cukup pada penguasaan sesuai dengan klasifikasi indeks presentase nilai peduli lingkungan adalah sebanyak 0 orang (0%) dan tergolong dengan penguasaan kurang sekali sebanyak 32 orang (100%) dengan nilai rata โ€“ rata 23,19% dan standard deviasi sebesar 9,80, sedangkan tes nilai peduli lingkungan mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran berbasis lingkungan adalah 2 orang (9,5%) dan tergolong cukup yaitu 16 orang (76,1%) dan yang kurang sekali berjumlah 3 orang (14,2%) dengan nilai rata โ€“ rata 27,50 dan standard deviasi 63,47. Hasil uji normalitas diperoleh ๐ฟโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” < Ltabel yaitu 0,147 < 0,156 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh ๐นโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” < ๐น๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu 1,48 <1,56 dinyatakan bahwa data mempunyai varians yang sama atau homogen.Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ atau 25,50 >1,72 dengan taraf kenyataan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran berbasis lingkungan mahasiswa pendidikan BIOLOGI FKIP UISU MEDAN. Kata Kunci : Nilai Peduli Lingkungan, Metode Pembelajaran Berbasis Lingkungan
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3335
Appears in Collections:Pendidikan Biologi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf1.18 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf210.15 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf300.28 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf501.89 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.