Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3321
Title: PENERAPAN PENGGUNAAN Al2 (SO4)3 TERHADAP PEWARNAAN KAIN PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMA SWASTA MULIA MEDAN
Authors: Tafonao, antonius
Keywords: Demonstrasi Al2(SO4)3, Hasil belajar
Issue Date: 20-Aug-2024
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara
Series/Report no.: ;71190517004
Abstract: ABSTRAK PENERAPAN PENGGUNAAN Al2(SO4)3 TERHADAP PEWARNAAN KAIN PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMA SWASTA MULIA MEDAN YANTONIUS TAFONA’O Email : yantonius29@gmail.com Penelitian ini adalah penelitian perlakuan demostrasi yang dilakukan di SMA Swasta Mulia Medan yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui demostrasi penggunaan Al2(SO4)3 terhadap pewarnaan kain pada materi koloid. Metode pada penelitian ini one group design yakni penelitian hanya dilakukan pada satu kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi lapangan, wawancara, pritest dan posttest serta angket respon. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest sebelum perlakuan sebesar 53.68% sedangkan sesudah perlakuan memiliki peningkatan dengan nilai rata-rata posttest sebesar 81,04% dengan indek N-Gain pretest dan posttest 0,5 dangan kategori sedang dan presentase 58%. Berdasarkan hasil penelitian ini penerapan penggunaan Al2(SO4)3 terhadap pewarnaan kain efektif dapat meningkat hasil belajar kognitif siswa. Kata Kunci : Demonstrasi Al2(SO4)3, Hasil belajar
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3321
Appears in Collections:Pendidikan Kimia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography1.12 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract323.79 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II468.28 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V882.29 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.