Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3319
Title: | PENERAPAN KERTAS LAKMUS ALAMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA |
Authors: | Ananda, Tia Riski |
Keywords: | Kertas Lakmus Alami, Hasil Belajar |
Issue Date: | 20-Aug-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | ;71190517003 |
Abstract: | ABSTRAK PENERAPAN KERTAS LAKMUS ALAMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA Tia Riski Ananda Email : anandatiarizky@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kertas lakmus alami sebagai media pembelajaran pada peningkatan hasil belajar siswa pada mataeri asam basa. metode penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan menggunakan desain non equivalent control group desain dimana teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel penelitian yang dipilih yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas experiment dan XI MIPA 4 sebagai kelas control. Penelitian ini dilaksanakan disekolah SMA Swasta Eria Medan pada bulan juli 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi lapangan, wawancara dan soal pre test post test. Soal pre test post test bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan uji N gain diperoleh skor rata-rata 0,5 pada kategori sedang. Kata kunci : Kertas Lakmus Alami, Hasil Belajar |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3319 |
Appears in Collections: | Pendidikan Kimia |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography | 11.57 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract | 143.74 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II | 469 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V | 693.3 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.