Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3319
Title: PENERAPAN KERTAS LAKMUS ALAMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Authors: Ananda, Tia Riski
Keywords: Kertas Lakmus Alami, Hasil Belajar
Issue Date: 20-Aug-2024
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara
Series/Report no.: ;71190517003
Abstract: ABSTRAK PENERAPAN KERTAS LAKMUS ALAMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA Tia Riski Ananda Email : anandatiarizky@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kertas lakmus alami sebagai media pembelajaran pada peningkatan hasil belajar siswa pada mataeri asam basa. metode penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan menggunakan desain non equivalent control group desain dimana teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel penelitian yang dipilih yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas experiment dan XI MIPA 4 sebagai kelas control. Penelitian ini dilaksanakan disekolah SMA Swasta Eria Medan pada bulan juli 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi lapangan, wawancara dan soal pre test post test. Soal pre test post test bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan uji N gain diperoleh skor rata-rata 0,5 pada kategori sedang. Kata kunci : Kertas Lakmus Alami, Hasil Belajar
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3319
Appears in Collections:Pendidikan Kimia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography11.57 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract143.74 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II469 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V693.3 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.