Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3306
Title: | UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 3 SIMALUNGUN |
Authors: | WIDIASARI |
Keywords: | Upaya, Guru Akidah Akhlak, Membina, Akhlak Siswa. |
Issue Date: | Aug-2024 |
Publisher: | Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara |
Series/Report no.: | Uisu2403506;71200211070 |
Abstract: | UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 SIMALUNGUN WIDIASARI: 71200211070 Penelitian ini dilatarbelakangi bagaimana upaya guru dalam mencapai tujuannya pada saat proses pembelajaran di sekolah. Mengingat krisis akhlak yang melandai negeri ini akibat perkembangan zaman yang sangat pesat dan pergaulan siswa yang dikatakan kurang baik, sebagai mana keluhan dari orang tua, pendidik dan masyarakat yang ikut serta dalam dunia keagamaan dan sosial berkenaan dengan ulah para siswa yang sulit dikendali, nakal, keras kepala. Maka peran guru dalam upaya membina anak sangat menentukan perubahan akhlak siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi dilapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru Akidah Akhlak, dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini di peroleh bahwa Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Simalungun. Pertama, guru Akidah Akhlak memiliki andil yang amat besar dalam membina akhlak karena ini menyangkut akhlak anak, guru Akidah Akhlak tidak hanya mengajar di kelas saja namun juga ikut andil dalam kegiatan yang lain guna membentuk karakter Akhlak siswa dengan cara pemberian nasihat dan bimbingan, pemberian motivasi, pemberian latihan pembiasaan, mengadakan program kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, pemberian hukuman, dan pemberian keteladanan. Kedua, Faktor pendukung yang menunjang dalam pelaksanaannya ialah masyarakat disekitar sekolah yang masih dikatakan religius, dan siswa mengetahui hukum dan ketentuan agama. Faktor penghambatnya ialah kurangnya kesadaran diri peserta didik, siswa kurang bijak dalam menggunakan social media, pergaulan siswa yang kurang baik, lingkungan keluarga yang kurang mendukung, dan masalah keterbatasan waktu. Kata Kunci : Upaya, Guru Akidah Akhlak, Membina, Akhlak Siswa. |
URI: | http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3306 |
Appears in Collections: | Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Cover, Bibliography.pdf | Cover, Bibliography.pdf | 2.46 MB | Adobe PDF | View/Open |
Abstract.pdf | Abstract.pdf | 576.43 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter I,II.pdf | Chapter I,II.pdf | 720.96 kB | Adobe PDF | View/Open |
Chapter III,IV,V.pdf Restricted Access | Chapter III,IV,V.pdf | 673.55 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.