Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3245
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANGGRAINI, MUTTI-
dc.date.accessioned2024-08-28T04:45:42Z-
dc.date.available2024-08-28T04:45:42Z-
dc.date.issued2024-08-28-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3245-
dc.description.abstractPENGARUH PEMBERIAN PRETEST DAN POSTTEST TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTs DARUL ILMI BATANG KUIS MUTTI ANGGRAINI NPM : 71200211009 Penelitian ini dilatar belakangi bagaimana interaksi atau hubungan timbal balik antara peserta didik dengan pendidik dalam proses pembelajaran. Yang mengandung unsur saling memberi dan menerima. Dalam setiap pembelajaran ditandai sejumlah unsur, yaitu: tujuan yang hendak dicapai, peserta didik dan pendidik, bahan pelajaran, metode yang digunakan untuk menciptakan situasi belajar mengajar, dan penilaian yang fungsinya untuk menetapkan seberapa jauh ketercapaian tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dalam pemberian pretest dan posttest terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak antara kelompok eksperimen dan kontrol (menggunakan treatment berupa pretest dan posttest) siswa VII MTs Darul Ilmi Batang Kuis. jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa Observasi, Tes dan Dokumentasi. Analisis yang digunakan berupa analisis komparatif dengan menggunakan uji “t”. sampel pada penelitian ini sebanyak 64 siswa MTs Darul Ilmi Batang Kuis yang terdiri dari kelas VII-3 Sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Hasil yang diperoleh ttabel sebesar 1.67022. Pemberian pretest memiliki nilai sig. 0.027< 0.05 dengan nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (2.271>1.67022) sehingga dapat disimpulkan Pemberian pretest postest berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sedangka pemberian posttest memiliki nilai sig. 0.000 < 0.05 dengan nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (3.837>1.67022) sehingga dapat disimpulkan pemberian posttest berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian melihat perbedaan skor dari masing-masing kelompok tersebut, menunjukan bahwa pengaruh pretest dan posttest sangat signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak MTs Darul Ilmi Batang Kuis. Kata kunci: Akidah, akhlak, pendidikan, belajar, pretest, posttest ien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUisu2403463;71200211009-
dc.subjectAkidah, akhlak, pendidikan, belajar, pretest, posttesten_US
dc.titlePENGARUH PEMBERIAN PRETEST POSTTEST TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII MTs DARUL ILMI BATANG KUISen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography.pdf2.63 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf108.38 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf375.73 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf293.11 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.