Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3211
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDHIYAULHAQ, BAGAS-
dc.date.accessioned2024-08-28T02:36:42Z-
dc.date.available2024-08-28T02:36:42Z-
dc.date.issued2024-08-28-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3211-
dc.description.abstractBAGAS DHIYULHAQ NPM:71190211041 2022. Konsep Taubat dalam Kitab Minhajul ‘Abidin Karya Imam al Ghazali dan Relevansinya dengan Materi Aqidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah IKIP UMN. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Sumatera Utara. Pembimbing, Parlaungan M.Pd. Kitab Minhajul ‘Abidin merupakan kitab tasawuf karya terakhir Imam al- Ghazali. Penelitian ini berfokus pada konsep taubat dalam kitab Minhajul ‘Abidin. Hal ini dilatar belakangi oleh pentingnya kajian taubat dalam materi Aqidah Akhlak. Karena akhir-akhir ini banyak Aqidah dan Akhlak siswa yang mengalami kemerosotan dan sering lupa akan kehidupan di akhirat. Maka, taubat merupakan salah satu materi Aqidah Akhlak yang harus diajarkan di Madrasah Aliyah, agar para siswa mengetahui betapa pentingnya taubat dalam suatu rangkaian ibadah dan selanjutnya dapat mengamalkan dalam kehidupan mereka. Karena itu, perlu adanya kajian mengenai konsep taubat dalam kitab Minhajul ‘Abidin karya Imam al-Ghazali dan relevansinya dengan materi Aqidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah Al-Washliyah IKIP UMN. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep Taubat dalam kitab Minhajul ‘Abidin karya Imam al Ghazali? (2) Bagaimana relevansi konsep Taubat dalam kitab Minhajul ‘Abidin karya Imam al-Ghazali terhadap materi Aqidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah? Untuk menjawab pertanyaan di atas penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (Iibrary research). Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik literer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Konsep taubat dalam kitab Minhajul ‘Abidin karya Imam al-Ghazali memaknai taubat sebagai bentuk penyesalan seorang hamba atas segala dosa yang pernah dperbuat dan meninggalkan dosa tersebut, dengan mengagungkan Allah dan takut murka-Nya. Diwajibkannya bertaubat agar kita taat dan amal ibadah kita diterima Allah. Macam dosa yaitu karena meninggalkan pekerjaan yang diwajibkan Allah, antara kita dengan Allah, antar sesama. Syarat taubat yaitu meninggalkan perbuatan dosa yang pernah dikerjakannya, tidak mengulang dosa tersebut, mengagungkan-Nya, jika syarat terpenuhi itulah taubatan nasuha. Niatan taubat yakni sadar bahwa dosa adalah suatu yang buruk, ingat akan murka-Nya. Mengenai doa taubat sebagaimana yang telah dijelaskan. (2) Konsep taubat dalam kitab Minhajul ‘Abidin karya Imam al-Ghazali relevan dengan materi Aqidah Akhlak kelas X Madrasah Aliyah, yaitu pengertian taubat, diwajibkannya taubat dan syarat taubat. Yang intinya penjelasannya sejalan dengan yang i diungkapkan Imam al-Ghazali dalam kitab Minhajul ‘Abidin, namun ada beberapa konsep yang tidak sepenuhnya sama namun masih memiliki relevansi antara keduanya, yaitu dasar taubat, hikmah dan keutamaan taubat, doa taubat. Kata Kunci: Taubat, Kitab Minhajul ‘Abidin, Aqidah Akhlak iien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUisu2403420;71190211041-
dc.subjectTaubat, Kitab Minhajul ‘Abidin, Aqidah Akhlaken_US
dc.titleKONSEP TAUBAT DALAM KITAB MINHAJUL ‘ABIDIN KARYA IMAM AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS X MADRASAH ALIYAH LAB IKIP AL-WASHLIYAH MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover,Bibliography.pdf1.02 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract.pdf483.75 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II.pdf1.2 MBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V.pdf1.08 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.