Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3010
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAFFANDI, RIDO MUHAMAD-
dc.date.accessioned2024-08-19T02:45:41Z-
dc.date.available2024-08-19T02:45:41Z-
dc.date.issued2024-08-13-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/3010-
dc.description.abstractABSTRAK Ruang Henti Khusus sepeda motor merupakan salah satu fasilitas bagi sepedamotor untuk berhenti di persimpangan selama fase merah. Ruang Henti Khusus ini telah diujicobakan dalam skala terbatas untuk mendukung pergerakan sepeda motor pada persimpangan bersinyal di kota-kota besar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi simpang tersebut kemudian direncanakan Ruang Henti Khusus sesuai dengan banyaknya penumpukan sepeda motor selama fase merah di persimpangan tersebut. Evaluasi simpang dilakukan berdasarkan data primer dan data sekunder. Metode perhitungan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan Pedoman Perencanaan Teknis Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor pada Persimpangan Bersinyal di Kawasan Perkotaan. Perilaku lalu lintas persimpangan kondisi eksisting adalah, kapasitas pendekat barat 335 smp/jam, DS (Derajat Kejenuhan) 1,878, panjang antrian 97 m dan tundaan ratarata 157 det/smp. Kapasitas pendekat timur 342 smp/jam, DS (Derajat Kejenuhan) 2,295, panjang antrian 97 m, dan tundaan rata-rata 169,3 det/smp.Kapasitas pendekat utara 600 smp/jam, DS (Derajat Kejenuhan) 0,546, panjang antrian 157 m, dan tundaan rata-rata 69,2 det/smp. Kapasitas pendekat selatan 941 smp/jam, DS (Derajat Kejenuhan) 0,987, panjang antrian 245 m, dan tundaan rata- rata 111,6 det/smp. Desain Ruang Henti Khusus pada pendekat utara yaitu 2 lajur dengan lajur pendekat dan luasnya 84 m2; pada pendekat selatan yaitu 2 lajur dengan lajur pendekat dan luasnya 84 m2; pada pendekat barat dan timur tidak memenuhi standar Dinas Departemen Pekerjaan Umur 2012 dalam perencanaan RHK. Kata kunci: ruang henti khusus, perilaku lalu lintasen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Teknik, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU240246;71180913018-
dc.subjectruang henti khusus, perilaku lalu lintasen_US
dc.titlePERENCANAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) UNTUK SEPEDA MOTOR PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL JALAN SISINGAMANGARAJA – JALAN PELANGI – JALAN TURI DI KOTA MEDAN (Studi Kasus)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Teknik Sipil

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography611.01 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract99.82 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II2.03 MBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.04 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.