Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2994
Title: PERBANDINGAN DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG MENGGUNAKAN DATA SONDIR DAN SPT DENGAN METODE ELEMEN HINGGA PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH SUSUN SEKOLAH TEOLOGI ANUGERAH MISI KABUPATEN NIAS BARAT (Studi Kasus)
Authors: MUHAMMAD NST, ANDREY
Issue Date: 13-Aug-2024
Publisher: Fakultas Teknik, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU240230;71180913026
Abstract: ABSTRAK Pondasi merupakan bangunan bawah (sub structure) yang berfungsi untuk beban maupun gaya yang disebabkan oleh bangunan atas (upper structure) ke lapisan tanah yang akan memikul beban dan gaya tersebut. Pondasi dalam biasanya digunakan untuk mendapatkan daya dukung tanah yang cukup besar dan apabila kedalaman tanah keras terletak jauh dibawah muka tanah. Tujuan dari tugas ini adalah untuk menganalisis daya dukung ultimate pondasi tiang pancang dengan menggunakan data sondir, data standard penetration test (SPT), serta metode elemen hingga menggunakan program plaxis. Adapun metode yang dilakukan pada tugas akhir ini adalah dengan cara studi literatur, lalu mengumpulkan data – data yang diperlukan, dan setelah itu dilakukan analisis perhitungan dengan metode – metode yang ada. Dari hasil perhitungan yang dilakukan, diperoleh hasil yang berbeda – beda. Dimana untuk data sondir pada titik S1 diperoleh Qu = 115,80 ton; pada titik S2 diperoleh Qu = 104,80 ton; pada titik S3 diperoleh Qu = 105,50 ton. Sedangkan berdasarkan data SPT pada titik BH-01, didapat Qu = 398,23 ton, dan dengan menggunakan program plaxis dihasilkan Qu = 425 ton.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2994
Appears in Collections:Teknik Sipil

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography182.96 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract74.54 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II624.49 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V1.17 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.