Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/299
Title: PENGARUH PRAKTIKUM APLIKATIF BERBASIS CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KOLOID DI KELAS XI MAS AMALIYAH SUNGGAL
Authors: Nickyanti, Dinda
Keywords: chemoentrepreneurship , hasil belajar, koloid
chemoentrepreneurship, colloid, learning outcomes
Issue Date: 14-Sep-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 7115050119;7115050119
Abstract: Pengaruh Praktikum Aplikatif Berbasis Chemoentrepreneurship (CEP) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Koloid Di Kelas XI MAS Amaliyah Sunggal Dinda Nickyanti Email : ikanickyanti0109@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum aplikatif berbasis chemoentrepreneurship (CEP) terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi koloid yang menggunakan metode praktikum aplikatif berbasis CEP dan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan di X1 MAS Amaliyah Sunggal tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah, dan kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran praktikum aplikatif CEP. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian diperoleh rata – rata pretest siswa pada kelas eksperimen bernilai 37, sedangkan pada kelas kontrol 39. Pada postest rata – rata meningkat untuk kelas eksperimen bernilai 56 dan pada kelas kontrol memiliki rata – rata 52. Persentase pada kelas eksperimen yaitu 51,4% sehingga termasuk kriteria sedang pada uji N – gain, sedangkan pada kelas kontrol tingkat persentase yaitu 33,3% sehingga termasuk kriteria pada uji N - gain rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh praktikum aplikatif berbasis CEP terhadap hasil belajar siswa materi koloid di kelas XI MAS Amaliyah Sunggal. Kata kunci : chemoentrepreneurship , hasil belajar, koloid Influence Of Practical Aplicatif Chemoentrepreneurship (CEP) Bases Toward Learning Outcomes Students On Colloid In XI Class MAS Amaliyah Sunggal Dinda Nickyanti Email : ikanickyanti0109@gmail.com ABSTRACT This study aims to investigate the influence of applied practical aplicatif chemoentrepreneurship (CEP) bases toward learning outcomes students and for influence improvement learning outcomes on colloid used practical methods CEP bases and talk methods. The research was conducted on the XI MAS Amaliyah Sunggal the school year 2018/2019 with use two sampling that is the control class using talk methods, and the experimental class using practical methods CEP bases. The techniq to collect the data using observation sheet and test. The result of this research obtained the average students class pretest of the class experiment the value 37, but of the control class the value 39. Postest the average improvment for the ecperiment class the value 56 and of the control class the average 52. The persentase of the experiment class was 51,4% was included on N - gain test in the medium criteria, but the control class persentase level was 33,3 % was included on N – gain test in the low criteria. Based on the result, it can be concluded that there are significant of practical of CEP applicative base toward learning outcome of students on colloid in class XI MAS Amaliyah Sunggal Key word : chemoentrepreneurship, colloid, learning outcomes
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/299
Appears in Collections:Pendidikan Kimia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dinda Nickyanti.pdf88.92 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.