Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2908
Title: PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FARDHU KIFAYAH PADA REMAJA MASJID AL WAQIF JALAN SEMPURNA KELURAHAN SUDIREJO 1 MEDAN
Authors: HASIBUAN, WILDAN EFENDI
Keywords: Peran Tokoh Agama dan Minat Belajar
The Role of Religious Leaders and Interest in Learning
Issue Date: 29-Apr-2024
Publisher: Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU240154;71190211134
Abstract: ABSTRAK Nama : WILDAN EFFENDI HASIBUAN, NPM: 71190211134, Judul PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FARDHU KIFAYAH PADA REMAJA MASJID AL WAQIF JALAN SEMPURNA KELURAHAN SUDIREJO 1 MEDAN Remaja masjid adalah generasi penerus dalam pengembangan ajaran agama Islam, sebagai remaja masjid harus memiliki pengetahuan yang luas tentang keagamaan terutama masalah fardhu kifayah. Remaja masjid AlWaqif dalam pelaksanaan pelatihan fardhu kifayah kepada anggota dapat meningkatkan minat belajar remaja masjid dari segi kualitas namun dari segi kuantitas masih rendah karena beberapa kendala yang dialami seperti waktu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran tokoh agama dalam meningkatkan minat belajar Fadhu Kifayah pada remaja masjid Al Waqif Jalan Sempurna Kelurahan Sudirejo 1 Medan. untuk mengetahui peningkatan minat belajar Fardhu Kifayah pada remaja masjid Al Waqif Jalan Sempurna Kelurahan Sudirejo 1 Medan. untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar Fardhu Kifayah pada remaja masjid Al Waqif Jalan Sempurna KelurahanSudirejo 1 Medan. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik penelitian wawancara. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Terdapat peran tokoh agama dalam meningkatkan minat belajar Fadhu Kifayah pada remaja masjid Al Waqif Jalan Sempurna Kelurahan Sudirejo 1 Medan bahwa peran tokoh agama tersebut dalam pembinaan dan peningkatan minat belajar fardhu kifayah remaja masjid Al Waqif di Kelurahan Sudirejo I Kecmatan Medan Kota adalah memberikan materi pelajaran dan praktek secara langsung. Terdapat Peningkatan minat belajar Fardhu Kifayah pada remaja masjid Al Waqif Jalan Sempurna Kelurahan Sudirejo 1 Medan khususnya peningkatan minat remaja masjid secara kualitas yaitu kemampuan memahami dan mempraktekkan fardhu kifayah di lapangan. Terdapat Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar Fardhu Kifayah pada remaja masjid Al Waqif Jalan Sempurna Kelurahan Sudirejo 1 Medan, adapun faktor pendukung adalah adanya dukungan ketua remaja masjid dan berbagai pihak dalam meningkatkan pelaksanaan pembelajaran fardhu kifaya kepada Remaja Masjid Al Waqif Di Kelurahan Sudirejo I Kecamatan Medan Kota dan tersedianya sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya waktu yang dimiliki remaja masjid khususnya dan usia sekolah untuk mengikuti kegiatan, oleh karena itu solusinya adalah menetapkan waktu yang tepat. Kata Kunci : Peran Tokoh Agama dan Minat BelajarABSTRACT Name : WILDAN EFENDI HASIBUAN, NPM: 71190211134, Title ROLE OF RELIGIOUS FIGURES IN INCREASING FARDHU KIFAYAH'S LEARNING INTEREST IN ADOLESCENTS AL WAQIF MOSQUE JALAN SEMPURNA KELURAHAN SUDIREJO 1 MEDAN Mosque youth are the next generation in the development of Islamic religious teachings, as mosque youth must have extensive knowledge about religion, especially the issue of fardhu kifayah. AlWaqif mosque youth in the implementation of fardhu kifayah training for members can increase the interest in learning mosque youth in terms of quality but in terms of quantity it is still low due to several constraints experienced such as time. The purpose of this study was to determine the role of religious leaders in increasing interest in learning Fadhu Kifayah in adolescents at the Al Waqif mosque, Jalan Perfect, Kelurahan Sudirejo 1 Medan. to determine the increase in interest in learning Fardhu Kifayah in adolescents at the Al Waqif mosque, Jalan Perfect, Kelurahan Sudirejo 1 Medan. to determine the supporting and inhibiting factors in increasing interest in learning Fardhu Kifayah in young people at the Al Waqif mosque, Jalan Perfect, Kelurahan Sudirejo 1 Medan The results of this study illustrate that there is a role of religious leaders in increasing interest in learning Fadhu Kifayah in young people at the Al Waqif mosque, Jalan Perfect, Kelurahan Sudirejo 1 Medan, that the role of these religious leaders is in fostering and increasing interest in learning fardhu kifayah for young people at the Al Waqif mosque in Sudirejo I Village, Kecmatan Medan City. is to provide learning material and practice directly. There is an increase in interest in learning Fardhu Kifayah for young people at the Al Waqif mosque, Jalan Perfect, Kelurahan Sudirejo 1 Medan, especially an increase in interest in mosque youth in terms of quality, namely the ability to understand and practice fardhu kifayah in the field. There are supporting and inhibiting factors in increasing interest in learning Fardhu Kifayah for Al Waqif mosque youth Perfect Street Sudirejo Village 1 Medan, while supporting factors are the support of the youth mosque chairman and various parties in improving the implementation of fardhu kifaya learning for Al Waqif Mosque Youth in Sudirejo I Village Medan City District and the availability of facilities and infrastructure. While the inhibiting factor is the lack of time that mosque youth especially and school age have to participate in activities, therefore the solution is to set the right time. Keywords: The Role of Religious Leaders and Interest in Learning
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2908
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography700.41 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract203.03 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II685.44 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V377.19 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.